KKN 102 UMY Inovasikan “Bedengan” Untuk Optimalisasi Lahan

Sumber : Dokumen Pribadi

(Nuansa Online)- Kamis (17/01) Kelompok 102 Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KKN UMY) di Dusun Puluhan Lor, Trimurti, Srandakan, Bantul memulai program awal sekaligus program pokok yaitu optimalisasi lahan  melalui penanaman tanaman sayuran dengan sistem bedengan. Sebelum terjun ke lahan, diadakan penyuluhan pengolahan lahan dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Sumarjono bertempat di Rumah Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT). Dalam kesempatan ini juga dihadiri oleh Agus Purwaka, kepala Desa Trimurti, dan seluruh Tim KWT Lestari dengan didampingi oleh Wongso Mulyono selaku Kepala Dusun Puluhan Lor serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN 102 Nurul Aisyah, S.Pd.I., M.Pd. 
 
Setelah penyuluhan selesai, seluruh Tim KWT, PPL, serta KKN menuju lahan untuk memulai penanaman sayur bayam dan kangkung. PPL mengarahkan seluruh Tim KWT dalam proses penanamannya. Penanaman dimulai dari mencampur tanah dengan pupuk organik kemudian menyebarkan benih bibit bayam dan kangkung tersebut.  Lahan tersebut tidak hanya ditanami bayam dan kangkung tetapi juga ditanami sayuran lainnya seperti terong, tomat, cabai, dan pepaya. 

Harapan DPL dan Tim KKN serta KWT dalam pengoptimalisasian lahan dengan penanaman berbagai jenis sayuran ini dapat berjalan sesuai dengan yang sudah direncanakan. Mulai dari pembersihan lahan, penanaman biji sayuran, pemantauan yang dilakukan secara rutin, perawatan tanaman hingga mendapat hasil panen yang memuaskan. Hal ini bertujuan agar dapat dijadikan kegiatan berkelanjutan bagi KWT di Dusun Puluhan Lor. (AC)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar