KPU GOES TO CAMPUS



Nuansa Online - Pesta demokrasi terbesar rakyat Indonesia semakin dekat, gegap gempita persiapan pemilihan umum yang akan diselanggarakaan 17 april 2019 mulai terasa. Semua kalangan mulai bersiap begitupun dengan komisi pemilihan umum (KPU). Pada Selasa (12/02), Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul (KPU Bantul) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Kepemiluan degan  mengadakan kegiatan Pojok A5 atau yang bisa disebut dengan A5 Corner di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dengan nama “KPU Goes to Campus”.  Post  layanan A5 corner  mulai pukul  09.00-15.00. Kegiatan ini diselenggarakan untuk para mahasiswa yang merantau agar dapat menggunakan hak pilihnya di daerah rantauan. Adapun konsep A5 dipilih untuk mempermudah masyrakat memahami dan mengingat bahwa pada tahun 2019 masyarakat  akan menggunakan hak pilihnya sebanyak 5 kali. Yaitu pemilihan umum untuk memilih Dewan Perwakilan Rakyat (DPR ), Dewan Perwakilan Daerah (DPD),  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  (DPRD) yaitu DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/kota dan pemilihan calon presiden dan wakil presiden 2019.

Iwan Setiawan selaku panitia pengawas kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul  mengatakan “ Tujuan kami untuk membuka A5 corner  tentunya degan harapan untuk  mensukseskan pemilu taun 2019 yang akan diselanggarakan pada 17 april 2019  degan cara mempermudah  rekan-rekan mahasiwa yang berasal dari luar daerah untuk bisa memilih di Yogyakarta” jelas Iwan Setiawan. Dalam Pemilu 2019 KPU Republik Indonesia memiliki slogan “Pemilih Berdaulat, Negara Kuat” dengan harapan angka golput tahun ini berkurang dari yang telah lalu. KPU goes to campus ini  tidak hanya diadakan dikampus UMY saja namun secara bergiliran akan diadakan di kampus-kampus lain. Untuk melancarkan kegiatan KPU goes to campus UMY, KPU kabupaten Bantul berkerja sama dengan BEM KM UMY.

A5 Corner di UMY berada di tiga titik, yaitu di lobby Fisipol, Lobby FKIK dan juga ada di UMY Boga. Selain mengadakan A5 Corner di UMY, KPU Bantul juga mengadakannya di tempat lain dengan cara melakukan survey daerah terlebih dahulu, karena layanan pindah memilih ini diperuntukan bagi orang-orang yang bekerja di luar domisili, sedang belajar (sekolah, nyantri, kuliah), sedang dirawat di panti sosial/rehabilitasi, sedang jadi napi/tahanan, dan juga bagi warga Indonesia yang sedang tertimpa bencana. Berdasarkan hal tersebut KPU Bantul juga akan menyelenggarakan sosialisasi di  pondok pesantren, rumah sakit, dan berbagai macam tempat lainnya. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh KPU RI agar semua warga Indonesia yang memiliki hak pilih dapat menggunakan hak pilihnya. Kegiatan ini juga diadakan untuk turut menyukseskan pemilu serentak 2019. Seluruh kegiatan A5 corner dalam rangka mensosialisasikan kepemiluan di kabupaten Bantul  akan ditutup pada tanggal 17 Februari 2019. (PW,LV).

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar