OSDI Putra 2019 : Islam sebagai Pilihan Hidup

Sumber : Dokumen Nuansa


Nuansa Online - Orientasi Dasar Studi Islam atau yang lebih dikenal dengan sebutan OSDI menjadi rangkaian akhir dari kegiatan Masa Ta’aruf (Mataf) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). OSDI Putra tahun 2019 yang diselenggarakan pada Kamis (29/8) di Sportorium UMY ini memiiliki beberapa perbedaan dari tahun sebelumnya.

OSDI dilaksanakan setelah para mahasiswa baru (maba) selesai menjalani kegiatan Mataf di tingkat universitas, fakultas maupun prodi. Kegiatan ini sendiri dikelola oleh Lembaga Pengkajian dan Pengamalan  Islam (LPPI) melalui Koordinator Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (Korkom IMM) tiap fakultas dan juga dari beberapa panitia yang sudah terpilih.

IMM sendiri diikutsertakan  untuk memperkenalkan pada mahasiswa baru mengenai organisasi Muhammadiyah. Persiapan untuk acara OSDI kurang lebih selama satu bulan. Tema yang diusung pada tahun ini adalah “Milineal Berkemajuan, Harmonikan Indonesia”.

Berbeda dengan OSDI tahun sebelumnya, kali ini para mahasiswa baru tidak hanya berada di dalam Sportorium dari awal berlangsungnya kegiatan sampai akhir. Namun peserta OSDI dibagi tiap fakultas untuk menuju tempat yang berbeda dan dikoordinir langsung oleh pemandu masing-masing. Berkaca dari tahun lalu, suasana yang ramai membuat para panitia berpikir untuk memilah para mahasiswa baru ke tempat yang berbeda agar bisa fokus ke materi.

“Kelemahannya tidak kondusif, banyak para mahasiswa yang mengantuk juga tidak memperhatikan, selain itu dari pemandu tidak bisa leluasa untuk mengingatkan karena ini forum besar”, ungkap Ketua OSDI, Muhammad Ulul Albab. Meskipun demikian, materi yang disampaikan tetap sama, hanya saja bedanya tiap mahasiswa dapat lebih mengenal para dosen yang merupakan pemateri dari masing-masing fakultas. Materi yang disampaikan kali ini berjudul Islam sebagai Pilihan Hidup.”.

Meskipun sempat terkendala waktu yang sedikit terlambat karena peserta masih bingung menemukan khafilah (kelompok) mereka, hal ini dapat teratasi. Kegiatan ini dapat berjalan sesuai rundown yang telah direncanakan. Oleh karena itu, OSDI Putra menjadi evaluasi bagi panitia untuk OSDI Putri pada hari setelahnya.

Diakui oleh Ulul Albab, OSDI tahun ini terus meningkat daripada tahun-tahun sebelumnya, walau demikian beliau tetap berharap bahwa kualitas OSDI terus meningkat tiap tahunnya. “Harapan kami selalu sama. Semoga OSDI hari ini dan besok berjalan lancar serta OSDI dapat terus lebih baik dari tahun ke tahun.” (ATQ, MRA, NDMJ)

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar