Apakah Permainan PUBG Bakal dari Terorisme? (Part 3-End)




Sumber : Freepik.com
Tindakan yang Perlu Dilakukan oleh Pemain Permainan Online Terutama Permainan PUBG

Generasi saat ini yang semakin erat dengan perkembangan teknologi dalam segala hal terutama dalam permainan yang semakin mendunia. Hal tersebut tentu tidak lepas dari pengaruh yang didapatkan oleh penggunanya, baik itu pengaruh negatif dan positif. Pengaruh tersebut tergantung bagaimana intensitas penggunaan permainan tersebut dan bagaimana pengguna menyikapi permainan tersebut.

Untuk remaja, penggunaan apapun permainannya sebisa mungkin untuk didampingi oleh orang tua. Hal tersebut dikarenakan adanya permainan terutama permainan PUBG yang memungkinkan adanya komunikasi antar pemain. Sehingga perlunya pendampingan jika pemain tersebut lebih terbuka dengan orang lain, agar tidak semua rahasia yang seharusnya dirahasiakan terbongkar karena terpengaruh untuk menceritakannya kepada orang lain. Kemudian adanya masalah kekerasan dalam permainan tersebut, permainan PUBG  merupakan permainan yang melibatkan persenjataan, jika berhasil membunuh musuh berarti menang. Sehingga tidak menutup kemungkinan adanya pengaruh tingkah laku terhadap pemain yang menganggap semua musuh harus dibunuh, kemudian mengaplikasikannya ke dalam kehidupan nyata.

Segala apapun itu hal-hal yang dilakukan oleh remaja baik itu bermain permainan online, menonton video, dan lainnya sebaiknya tidak lepas dari dampingan orang tua atau peran orang tua dalam mendidik anak-anaknya sendiri, bagaimana seharusnya menyikapi tindakan tersebut agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal negatif. Adapun saran untuk pemain game yakni dapat membagi waktu agar seimbang antara dunia nyata dan dunia maya, sehingga tidak menimbulkan kecanduan terhadap pemain dan tidak mempengaruhi tindakan negatif sesuai yang dimainkan dalam permainan tertentu. Kemudian membatasi informasi-informasi yang bisa diberikan kepada orang, karena ada permainan online yang terdapat komunikasi antar pemain. Sehingga tidak menutup kemungkinan adanya pembagian informasi yang tidak seharusnya diberikan oleh orang asing. Jika untuk anak-anak, sebaiknya ada pembatasan akses permainan apapun itu dan berusaha untuk mencari kesibukan pada kegiatan-kegiatan positif yang bersifat nyata.


Penulis : Tim Research Korps Mahasiswa Hubungan Internasional UMY

Ediitor : Rani Nur Aini

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar