Krisis Area Parkir, UMY Justru Bangun Laboratorium Center

Sumber : Dokumen Nuansa

Nuansa Online - Sempitnya area parkir di wilayah utara kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) merupakan suatu masalah yang perlu diperhatikan. Hal  tersebut merupakan suatu fenomena yang banyak dikeluhkan oleh civitas akademika UMY, terutama mahasiswa.

Akhir-akhir ini mahasiswa yang menjalani perkuliahan di kampus utara seperti mahasiswa Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Agama Islam diributkan dengan penyempitan  area parkir di wilayah kampus utara. Area parkir yang makin menyempit ini membuat mahasiswa kesusahan mencari tempat yang kosong untuk memarkirkan motornya.

Bayu Firdaus, mahasiswa Fakultas Pertanian 2017 mengeluhkan adanya penyempitan area parkir di wilayah kampus utara karena merasa kesulitan mencari tempat untuk memarkirkan kendaraan. Mereka menjelaskan bahwasanya sebelum ada pembangunan sebaiknya  disediakan area parkir terlebih dahulu sehingga mahasiswa tidak kesulitan mencari tempat parkir mengingat jumlah mahasiswa yang menggunakan kendaraan bermotor sangatlah banyak.

Ketika ditemui Nuansa, Rahmadi selaku Kepala Keamanan UMY, membenarkan adanya penyempitan area parkir di wilayah kampus utara karena akan dibangunnya Laboratorium Center UMY. 

“Kalau saya dengar-dengar, besok akan dibuatkan parkiran di selatan kuburan tepatnya di timur Gedung F4 karena disitukan ada tanah milik kita. Saya dengar-dengar lho, bukan dari rapat. Dari pimpinan proyeknya saya tanya” Ungkapnya.

Selain itu, beliau juga membeberkan percakapannya dengan Sri Atmaja P. Rosyidi, selaku pimpinan proyek pembangunan tersebut jika nantinya sisa lahan itu akan digunakan untuk pembuatan lobi, serta sisanya akan digunakan untuk parkiran mobil.

Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Gunawan Budianto, menyatakan bahwa penyempitan area parkir di wilayah kampus utara tersebut karena akan dibangun Laboratorium Center UMY. Jadi area tersebut akan digunakan untuk membangun laboraturium 8 lantai, dan nantinya parkiran akan dipindahkan di sebelah selatan kuburan, sebelah timur Gedung F4.

Beliau juga menyatakan bahwa memang pada gambar peta awal UMY area tersebut merupakan Laboratorium Center dan sementara dijadikan area parkir. Dengan adanya dana hibah dari pemerintah, pembangunan tersebut harus segera dikerjakan. Kedepannya jika Laboratorium tersebut sudah terbangun dan digunakan dalam kegiatan mengajar diharapkan ini akan menjadi Laboratorium Center terbaik se-DIY.

“Karena kalau tidak kita kerjakan sekarang hibah 80 M dari pemerintah akan diambil kembali, makanya kita targetkan rampung dalam waktu 1,5 tahun.” Tambahnya.

Untuk mengatasi masalah krisis area parkir ini, mahasiswa yang biasanya parkir di area utara dialihkan ke selatan lapangan bola UMY. Area parkir di selatan lapangan bola UMY sendiri mampu menampung kurang lebih 1200 motor, sedangkan area sebelumnya hanya sekitar 800 motor. Sehingga area tersebut dapat menjadi solusi sementara waktu dari pihak kampus untuk permasalahan ini.

Reporter : Muhammad Taufiq, Anggita Khamida

Editor : Saidatuz Zakkiya

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar