Debat Cagub dan Cawagub Fisipol Berlangsung Meriah

Sumber: Dokumen Nuansa

Nuansa Online - Debat Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berlangsung lancar dan meriah pada Selasa (26/11). Pada tahun ini, Debat Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Fisipol UMY diikuti oleh tiga pasangan calon. Debat ini diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Fisipol UMY di Lobi Fisipol lantai 1 setelah sebelumnya sempat mengalami perubahan waktu dan tempat.

Debat Cagub dan Cawagub yang digelar oleh KPU Fisipol UMY pada tahun ini mengangkat tema “Sinergi Lembaga Eksekutif Kampus sebagai Wadah Kepentingan dan Aspirasi Masyarakat Fisipol”. Debat ini menghadirkan tiga pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dari berbagai partai. Pasangan dengan nomor urut 1 berasal dari Partai Amanat Mahasiswa (PAM) dengan mengusung Lalu Ardi Ansori sebagai cagub dan Muhammad Rizki Ramadhan sebagai cawagub. Kemudian di nomor urut 2 terdapat pasangan Muhammad Agrin Putra sebagai cagub dan Fikram Rettob sebagai cawagub yang diusung oleh Partai Demokrasi Mahasiswa (PDM). Sementara itu, paslon dengan nomor urut 3 berasal dari Partai Islami, Progresif Revolusioner (PISIPOL) dengan mengusung Muhammad Fawwaz Syafiq Rizqullah sebagai cagub dan Fadha Rais Aprilino sebagai cawagub. Dalam debat tersebut, ketiga pasangan calon (paslon) berusaha menampilkan performa terbaiknya dalam menyampaikan visi dan misi serta komitmen dalam memimpin Fisipol kedepannya.

Komisi Pemilihan Umum Fisipol UMY mengadakan Debat Cagub dan Cawagub di Lobi Fisipol lantai 1 dengan tujuan untuk mendapatkan animo masyarakat Fisipol yang lebih besar terhadap Pemilihan Cagub dan Cawagub, setelah sebelumnya mengalami perubahan rencana waktu dan tempat. Debat Cagub dan Cawagub Fisipol ini diharapkan mampu memberikan gambaran kepada masyarakat Fisipol terkait para pasangan calon yang akan maju dalam Pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Fisipol UMY sehingga masyarakat Fisipol lebih mengenal dan tahu terhadap visi dan misi para paslon.

“Debat ini sebagai gambaran di mana nantinya ketiga pasangan calon bisa mengambil keputusan atau mengeluarkan statementnya untuk satu periode ke depan sehingga masyarakat Fisipol bisa tahu dan menilai,” ujar Fajar Maulana selaku Ketua KPU Fisipol UMY.

Sejak dimulai pada pukul 09.30 WIB, Lobi Fisipol lantai 1 sudah dipenuhi oleh para pendukung masing-masing paslon dan masyarakat Fisipol yang hendak menonton debat pamungkas ketiga paslon ini menuju Pemilihan Cagub dan Cawagub Fisipol UMY. Debat ini terdiri dari lima sesi yang dipimpin oleh seorang moderator, Andi Firmansah (mahasiswa HI 2016). Selain itu, KPU Fisipol juga menghadirkan dua panelis yaitu Ari Kusuma Paksi, Ph.D., dan Muhammad Reza Amba, S.IP.

Hingga berakhirnya sesi terakhir pada pukul 15.00 WIB, debat ini berlangsung aman, lancar, dan meriah. Para pendukung memberikan dukungannya dengan baik, tertib, dan tidak menimbulkan kerusuhan maupun hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Tidak hanya para pendukung paslon yang hadir, namun juga banyak masyarakat Fisipol yang turut menyaksikan performa dari masing-masing paslon untuk memantapkan pilihannya pada Pemilihan Cagub dan Cawagub di hari Kamis nanti.

“Pengen nonton aja sih, kan sudah mau pemilihan gubernur dan wakil gubernur fakultas, jadi biar bisa melihat kapabilitas paslon, biar nggak salah pilih nantinya,” ujar Andini Choirunnisa, salah satu mahasiswa Fisipol yang menyaksikan Debat Cagub dan Cawagub Fisipol tersebut.  

Reporter: Rani Nur Aini
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar