Milad ke-107, Muhammadiyah Terus Berinovasi dalam Pendidikan

Sumber : Dokumen Nuansa


Nuansa Online - Muhammadiyah gelar resepsi Milad Ke-107 pada Senin (18/11)  bertempat di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan mengusung tema “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”.

Pengambilan tema ini didasarkan pada keinginan Muhammadiyah untuk turut andil dalam mempengaruhi kehidupan bangsa, salah satunya di bidang pendidikan. Tak hanya ingin mencerdaskan masyarakat secara akal saja, namun juga cerdas secara pemikiran dan akhlaknya. Hal ini sesuai yang disampaikan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir dalam pidato Milad Ke-107 semalam.

“Bahwa Muhammadiyah sebagai gerakan Islam yang juga bergerak di bidang pendidikan memiliki kelebihan, yakni pada pendidikan berbasis pondasi nilai-nilai Islam,” ungkap Haedar Nashir.

Respsi milad yang diperkirakan menghadirkan dua belas ribu orang ini turut dimeriahkan oleh beberapa tokoh masyarakat seperti Sri Sultan Hamengkubuwono X, Muhadjir Effendy, Ryamizard Riacudu hingga Nadiem Makariem. Nadiem sendiri sangat mengapresiasi kinerja Muhammadiyah yang berperan aktif dalam berbagai bidang, baik secara sosial, kesehatan maupun pendidikan. Dalam sambutannya, Nadiem menuturkan bahwa Muhammadiyah telah berhasil memperlihatkan ciri gerakannya yang memiliki semangat dalam pembangunan sosial dan pendidikan masyarakat untuk lebih maju dan terdidik.

Sumber : Dokumen Nuansa

Hal ini didukung dengan hadirnya Muhammadiyah Online University yang diresmikan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai penggagas program aplikasi tersebut pada resepsi milad kali ini. Faris Al Fadhat, selaku Ketua LPKA UMY menuturkan bahwa UMY berintergarsi dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah lainnya membuka program ini sebagai maket baru dari Muhammadiyah dalam memajukan pendidikan. Muhammadiyah Online University merupakan proses belajar mengajar dimana mahasiswa tidak perlu tatap muka dengan dosen secara langsung, melainkan melalui proses pembelajaran online.

Serangkaian resepsi milad ini juga dimeriahkan oleh penampilan sendratari dari pelajar Muhammadiyah, mulai dari taman kanak-kanak, pelajar, hingga mahasiswa. Sendratari dengan cerita perjalanan TK Aisyiyah Bustanul Athfal dari lahir hingga saat ini dilakukan untuk penyambutan Milad satu abad TK ABA.

Yang tak kalah menarik, kehadiran Eros sebagai bintang tamu dan peng-arasemen lagu Muktamar Ke- 48 di Surakakarta pada 2020. Bersama Sang Surya Pilaharmonic UMY, lagu Muktamar Muhammadiyah Ke-48 diresmikan dan dinyanyikan pada puncak penutupan Respsi Milad Muhammadiyah Ke-107.

Reporter          : Yustika Anggraeni, Gigih Imanadi
Editor              : Sri Fatimah

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar