Aliansi UMY Bergerak Dukung Sepenuhnya Warga Tamansari

Sumber : Dokumen Pribadi
Nuansa Online – Aliansi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Bergerak gelar “Galang Dana dan Panggung Budaya untuk Tamansari” sebagai bentuk aksi solidaritas terkait penggusuran paksa warga Tamansari di Bandung. Aksi ini diselenggarakan di Lobi Fisipol pada Rabu (18/12) sejak pukul 10.00 WIB.

Sebelumnya pada Kamis (12/12), 17 rumah yang diisi oleh 40 jiwa di pemukiman Rw. 11 Tamansari digusur rata dengan tanah. Peristiwa tersebut terjadi di Bandung. Dua hari setelah peringatan hari Hak Asasi Manusia (HAM). Padahal Bandung sendiri merupakan kota yang dinobatkan sebagai kota paling ramah HAM se-Indonesia. Penggusuran tersebut diwarnai berbagai tindakan kekerasan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) serta aparat kepolisian kepada warga, jurnalis maupun massa solidaritas. 

Aksi yang dilakukan oleh UMY bergerak kali ini diisi oleh beberapa agenda antara lain musikalisasi dan dramatisasi puisi, akustik, lapakan buku, dan orasi. Selain itu, juga diadakan penggalangan dana yang dilakukan di hampir seluruh fakultas UMY.

“Panggung budaya di sini hanya sebagai titik kumpul bahwa disini ada aksi solidaritas untuk Tamansari, tapi tadi ada bagi tim, ada yang ke selatan, ada yang ke utara untuk galang dana. Secara umum acara ini diisi oleh anak-anak UMY, tetapi ada juga beberapa individu dan organisasi ekstra kampus yang memiliki keperihatinan yang sama, juga turut berpartisipasi dalam acara ini seperti Yasir Dayak, Ruang Gulma dan kawan-kawan lainya,” Jelas Indra, salah satu partisipan aksi “Galang Dana dan Panggung Budaya untuk Tamansari”.

Diakhir aksi, Aliansi UMY Bergerak merilis pernyataan sikap terkait penggusuran Tamansari. Adapun isinya sebagai berikut:
1. Aliansi UMY Bergerak mendesak dihentikannya peggusuran Rw. 11 Kelurahan Tamansari Bandung sampai proses hukum di pengadilan tuntas.
2. Aliansi UMY Bergerak mendesak Pemerintah Kota Bandung melakukan mediasi kepada warga yang digusur dan memberikan ganti untung.
3. Aliansi UMY Bergerak mendesak Pemerintah Kota Bandung untuk menyediakan tempat tinggal sementara yang layak dan memenuhi kebutuhan para pengungsi.
4. Aliansi UMY Bergerak mendukung dan mendesak tindakan tegas kepada oknum aparat yang melakukan tindakan represif kepada warga dan massa aksi serta pernyataan-pernyataan pencopotan jabatan Kapolda Jawa Barat.
5. Aliansi UMY Bergerak mendukung pencabutan penobatan Kota Bandung sebagai kota ramah HAM.
6. Aliansi UMY Bergerak mendesak agar Pemerintah Kota Bandung bertanggung jawab terhadap psikis anak di bawah umur atau balita yang depresi akibat penggusuran paksa.
7. Aliansi UMY Bergerak menghimbau kepala Komisi Nasional (Komnas) HAM agar melakukan advokasi kepada warga penggusuran Tamansari Bandung.
8. Aliansi UMY Bergerak mendukung aksi solidaritas penggusuran Tamansari Bandung.

Indra juga mengungkap bahwa sudah terkumpul uang bantuan sebesar Rp4.150.000,00, beberapa buku juga baju untuk didonasikan. Bantuan tersebut akan didistribusikan langsung kepada korban penggusuran Tamansari lewat anggota Aliansi UMY Bergerak yang sudah berada di Bandung. Meskipun begitu, aksi penggalangan dana ini masih belum selesai karena masih ada penggalangan dana yang rencananya akan dilakukan di Ahad Morning (Amor) UMY.



Reporter : Sa’idatuz Zakiyah, Siti Nurlaeli Lutviani Murni
Editor : Sri Fatimah
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar