UMY Bergerak Adakan Nobar Untuk Galang Dana

Sumber : Dokumen Nuansa


Nuansa Online- Aliansi UMY Bergerak kembali adakan penggalangan dana untuk warga Tamansari, Bandung pada Minggu (22/12) bertempat di Kafe Tualang, Tamantirto, Bantul. Penggalangan dana kali ini dikemas dalam rangkaian aksi Nonton Bareng (Nobar) Film Section 375 yang kemudian disambung dengan diskusi singkat. Film Section 375 sendiri berlatar di India, menceritakan tentang perempuan yang mengalami pemerkosaan, ia harus menghadapi kompleksitas masalah : adanya intimidasi korban, penganiyayan, dan sejumlah perlakukan tidak adil yang disebabkan adanya relasi kuasa.

Agenda Nobar yang juga bertepatan dengan Hari Perempuan Nasional ini dilaksanakan dengan penampilan-penampilan dari partisipan, diantaranya pembacaan puisi, orasi, dan berbagai kreativitas lainnya. Raihan, seorang partisipan UMY Bergerak menyampaikan bahwa agenda kali ini bertujuan untuk memperingati Hari Perempuan Nasional yang bersamaan dengan persoalan penggusuran warga Tamansari. Menurutnya, sebagai sesama warga Indonesia tidak cukup bersolidaritas terhadap perempuan dengan isu seksual, namun juga membahas hak-hak perempuan, seperti halnya anak-anak perempuan dan ibu-ibu di Tamansari.

Diskusi berlangsung usai pemutaran film dengan pemantik Endang dari komunitas Cakrawala Mahasiswa Jogja dan Ajeng dari Aliansi UMY Bergerak. Arah pembahasanya seputar kasus-kasus penindasan terhadapan perempuan, seperti pemerkosaan, sexual harassment,, adanya ketidaksetaraan hak, juga menyinggung pelanggaran HAM yang masih sering terjadi di Indonesia. Salah satu hambatan terbesar yang dialami perempuan ketika menjadi korban pemerkosaan  atau pelecehan seksual adalah ketidakberanian mengungkapkan pelecehan yang mereka alami.

 “Memang bagi korban pelecehan, sangat sulit untuk speak up” tutur Ajeng, membenarkan pernyataan pemantik diskusi.

Pemantik juga menyampaikan, terkait keadaan perempuan Indonesia yang tidak jauh berbeda dengan keadaan perempuan-perempuan di India yang digambarkan dalam Film Section 375. Pemaparan yang disampaikan oleh pemantik, direspon dengan beragam perspektif oleh peserta diskusi, sehingga diskusi berlangsung atraktif dan dialogis. Diskusi ini diselenggarakan sebagai upaya untuk mengedukasi mahasiswa, mengingat kasus pelecahan seksual terhadap perempuan masih sering terjadi.

“Acara seperti ini harus sering diadakan, tidak hanya meningkatkan kesadaran perempuan tetapi lelaki juga.” Ujar Laeli, salah satu peserta Nobar kali ini

Reporter          : Elvia
Editor              : Gigih Imanadi Darma


Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar