Kelompok 181 KKN UMY Ajarkan Warga Dusun Ngargosari Membuat Pestisida Organik

Sumber: KKN 181 UMY

Nuansa Online - Kelompok 181 KKN Tematik UMY mengadakan pelatihan pembuatan pestisida organik kepada warga Dusun Ngargosari, Ngagrong, Gladagsari, Boyolali pada Minggu (12/01) bertempat di Rumah Kepala Dusun Ngargosari. Pelatihan tersebut diadakan dengan tujuan mengajarkan warga dusun untuk dapat membuat pestisida organik yang dapat memudahkan warga sebagai petani dalam menangani hama.

Pelatihan ini dikemas dalam model sosialisasi yang mengundang Bapak Mulyono, Dosen Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, selaku pembicara di dalam sosialisasi ini. Kegiatan tersebut telah disusun sedemikian rupa berdasarkan potensi dan permasalahan yang terjadi di Dusun Ngargosari. Petani sayur yang menjadi pekerjaan warga rata-rata di dusun ini memiliki permasalahan dalam pembasmian hama menggunakan pestisida kimia. 

Selama ini, warga Dusun Ngargosari menggunakan pestisida kimia untuk menanggulangi hama yang terdapat pada tanaman. Hal ini membuat warga Dusun Ngargosari sudah terbiasa menggunakan pestisida kimia yang efeknya cepat terlihat. Namun dalam penggunaan pestisida kimia terdapat kerugian yaitu menghabiskan banyak biaya. Sehingga terkadang warga membutuhkan alternatif lain untuk membasmi hama. 

Maka dari itu Kelompok 181 KKN Tematik UMY menginisiasi untuk membasmi hama dengan menggunakan pestisida organik. Pestisida organik ini dibutuhkan oleh warga untuk menjadi alternatif dalam menangani hama pada tanaman. Keuntungan lain dari pestisida organik ini selain biaya yang murah, bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah untuk ditemukan.

Sosialisasi tersebut merupakan tahap awal dari program utama Kelompok 181 KKN Tematik UMY berupa sosialisasi, pelatihan dan pengaplikasian. Tahap pertama yaitu sosialisasi berupa penyampaian materi mengenai pembuatan pestisida organik. Sosialisasi ini dilaksanakan pada minggu pertama dan dibimbing langsung oleh pemateri. Tahap kedua yaitu pelatihan, dimana warga melakukan praktik pembuatan pestisida organik dengan bimbingan dari para mahasiswa KKN. Pelatihan tersebut dilaksanakan pada minggu kedua. Tahap terakhir adalah pengaplikasin ke ladang, dimana warga menyemprotkan pestisida organik buatan mereka ke ladang yang dilakukan pada minggu ketiga. 

Dalam kegiatan tersebut para warga berkumpul di rumah pak dukuh dan mendengarkan materi yang disampaikan oleh pemateri. Dalam pelaksanaannya terlihat antusias warga yang tinggi. Warga Dusun Ngargosari terlihat sangat mengamati penjelasan dari Bapak Mulyono. Antuasias warga terlihat pula dari banyaknya warga yang bertanya mengenai materi pembuatan pestisida organik.

Setelah sosialisasi diadakan pula praktek langsung didampingi oleh Bapak Mulyono. Sehingga masyarakat langsung memahami betul bagaimana pembuatan pestisida organik khususnya dengan bahan baku bawang putih. Cara pembuatan pestisida yang dicontohkan pun terbilang cukup mudah. 

“Sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi warga karena membantu warga untuk mengetahui cara lain dalam menanggulangi hama tanaman dengan harga yang murah” Ujar Arif salah seorang warga Dusun Ngargosari yang mengikuti sosialisasi. 

Dengan adanya sosialisasi yang dilakukan oleh Kelompok 181 KKN Tematik UMY mengenai pembuatan pestisida organik ini dapat menambah wawasan warga dalam mengetahui jenis-jenis pestisida organik yang bermanfaat.

Penulis: KKN 181 Tematik UMY
Editor: Sa'idatuz Zakiyah
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar