Tingkatkan Pemahaman Lingkungan, KKN UMY Lakukan Ekoliterasi bagi Anak

Sumber : KKN 065 UMY

Nuansa Online - Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) 065 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan kegiatan ekoliterasi bagi anak-anak di Dusun Kanoman, Banyuraden, Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ekoliterasi ini diikuti oleh 35 anak Dusun Kanoman melalui serangkaian outbound dan permainan yang menarik pada Minggu pagi (26/1). Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian anak-anak dalam menjaga lingkungan sekitar sejak dini.

“Ekoliterasi sangat penting untuk diketahui masyarakat dan kami berusaha menanamkan kepedulian lingkungan sejak dini.” ujar Ilham, ketua tim KKN 065 UMY.

Tim KKN 065 UMY mengemas kegiatan ekoliterasi ini dengan cara yang berbeda dari pembelajaran literasi pada umumnya. Ekoliterasi ini diadakan dalam bentuk serangkaian outbound dan permainan yang sesuai untuk anak-anak. Terdapat empat pos yang tersebar di tiap Rukun Tetangga (RT) di Dusun Kanoman yang harus dilalui oleh anak-anak yang telah dibagi dalam beberapa kelompok. Di tiap pos yang tersedia, anak-anak harus menjalankan misi-misi dan permainan sederhana kelompok terkait lingkungan, pemilahan sampah hingga pembuatan kreasi dari sampah. Bentuk kegiatan literasi lingkungan atau ekoliterasi seperti ini diharapkan mampu menjadi sarana yang menarik dan menyenangkan bagi anak-anak sehingga pemberian literasi akan lebih mudah diserap dan dipahami oleh anak-anak. 

“Kegiatan outbound adalah salah satu media bermain sambil belajar yang sangat disukai anak-anak sehingga mereka mampu memahami dan menerima materi yang kami berikan dengan mudah.” jelas Ilham.

Tidak sendirian, tim KKN 065 UMY bekerja sama dengan aktivis Rumah Baca Komunitas (RBK) dan beberapa remaja Kanoman dalam menjalankan kegiatan ekoliterasi serta mendampingi anak-anak Dusun Kanoman. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN 065 UMY, David Efendi S.IP., M.A., pun hadir memantau dan mengevaluasi jalannya kegiatan tersebut.

Reporter : Rani Nur Aini

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar