Commfair 2020: Merambah Galaksi Dengan Karya Mahasiswa

Sumber: KOMAKOM

Nuansa OnlineCommunication Fair (Commfair) 2020 kembali diadakan oleh Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KOMAKOM UMY) bertempat di Lobi Fakultas Sosial dan Politik (Fisipol). Ajang penghargaan tahunan ini berlangsung dari Jumat (7/2) hingga Sabtu (8/2) dan terdapat 17 kategori nominasi karya mahasiswa yang akan dilombakan.

Communication Fair sendiri merupakan ajang apresiasi sekaligus wadah untuk memajang hasil karya mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi. Tema yang ditetapkan pada tahun ini ialah “Galaxy (Get It All In Your Action)” yang dapat diinterpretasikan jika ingin mendapatkan sesuatu, maka harus ada tindakan untuk memperolehnya. Sabrina Andani selaku ketua pelaksana Commfair menyatakan bahwa semua karya yang dipresentasikan adalah hasil kerja terbaik mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2017 hingga 2019 dan telah diseleksi oleh dosen terkait. Karya-karya tersebut dikategorikan menjadi 17 kategori; mulai dari CSR, manajemen isu dan krisis, remake film, program TV, DKV, desain foto iklan, fotografi, feature, berpikir kreatif, komputer grafis, reportase, dokumenter, animasi, dan video klip.

“Untuk kategorinya itu dari dosen nanti mereka yang menilai, nilai yang tertinggi bakal masuk nominasi. Kita ngambilnya lima nominasi setiap kategori dan pengumumannya di awarding night” jelas Andini.

Selain itu, Andini menjelaskan jika commfair tahun ini sedikit berbeda dari tahun lalu dilihat dari jumlah kategori nominasi dan acara Awarding Night. Untuk tahun ini acara Awarding Night yang diselenggarakan Sabtu (8/2) tidak terdapat penampilan-penampilan dari mahasiswa angkatan 2017-2019, hanya diisi oleh BSO dan KOMAKOM itu sendiri. Hal tersebut terjadi dikarenakan persiapan yang mepet dan bertambahnya jumlah kategori nominasi. Namun agar mahasiswa tidak kecewa, pihak panitia memindahkan sesi penampilannya ke exhibition.

Commfair dibuka dengan kegiatan screening film di Taman Indah Fisipol pada malam hari (7/2) dimulai pukul 19.00 WIB hingga 22.00 WIB. Film yang ditayangkan berjudul ‘Lasminah’, ‘Tak Kunjung Usai’ dan ‘For The Sun’ dari Pusbang. Meskipun awalnya terkendala hujan, kegiatan ini berjalan lancar hingga usai.

Kemudian berlanjut dengan exhibition yang bebas untuk umum pada pukul 09.00 WIB di hari kedua. Karya mahasiswa seperti DKV, desain foto iklan, fotografi, komputer grafis dan animasi dipajang di sepanjang lobi Fisipol. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa Ilmu Komunikasi ataupun khalayak umum bisa melihat hasil karya tersebut.Exhibition turut dimeriahkan dengan penampilan kesenian oleh mahasiswa seperti tari-tarian dan vokal solo. 

Commfair mencapai puncaknya pada Awarding Night pukul 18.30 WIB dimana rencananya dibuka langsung oleh Kaprodi Ilmu Komunikasi, Haryadi Arief Nuur Rasyid, S.IP, M.Sc. Di acara ini, pemenang masing-masing kategori diumumkan. Tak hanya itu, terdapat penampilan dari anggota KOMAKOM, BSO dan organisasi atau komunitas lainnya.

Sementara dari pihak penyelenggara, publikasi telah dilakukan mulai dari menyebarkan poster melalui sosial media hingga dari mulut ke mulut. Informasi dan susunan acara dapat diakses melalui halaman instagram KOMAKOM. Andani mengharapkan Communication Fair 2020 ini bisa berjalan dengan sukses dan mampu menampung kreativitas mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan baik. 

Reporter: Thalita Z., Sa'idatuz Zakiyah
Editor: Sa'idatuz Zakiyah
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar