Good and Green Government 2020 : Tumbler Kok Disita ?

Sumber: Dokumen Nuansa

Nuansa Online - Selasa (18/02), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), menyelenggarakan Government Gathering 2020 dengan tema “Better government to better environment  bertempat di gedung sportorium UMY. Acara ini menghadirkan beberapa pemerintah daerah di Yogyakarta dan sekitanya. Bertindak sebagai keynote speaker adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Acara yang dikemas dalam bentuk talkshow ini membahas permasalahan pemerintahan yang baik dan hijau. Beberapa pemateri menyampaikan tentang bagaimana membentuk pemerintahan yang baik dan hijau. Salah satu pemateri menyampaikan tentang bagaimana membentuk pemerintahan yang baik dengan cara mengurangi sampah plastik, juga membuat kebijakan dengan membawa botol minuman sendiri. Menurutnya UMY belum mengimplementasikan lingkungan yang hijau karena masih banyak menggunakan plastik.

Sebelum acara dimulai,  ada beberapa hal yang tidak mengenakan terjadi.  Para peserta yang hendak masuk ke dalam Sportorium dicegat, tidak hanya diperiksa, botol minuman pribadi yang mereka bawa justru disita sementara oleh petugas keamanan.  Mengenai hal tersebut, saat ditanyai mereka hanya menjawab, ”Tidak tau kami hanya mengikuti arahan panitia.”.

Umar, salah satu peserta, mengutarakan kekesalannya. Menurutnya alasan diamankannya botol minuman sangat aneh, mengingat acara ini mengangkat isu lingkungan, “Aneh banget deh, harusnya kan kita di suruh bawa tumbler untuk mengurangi sampah plastik. Lha ini kok malah disita.”.

Setelah meminta keterangan pada pihak panitia, mereka menjawab demi alasan keamanan. Pihak acara khawatir jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan. “Ya biar gak dilempar-lempar, demi alasan keamanan. Kan juga nanti bisa diambil lagi” ujar Tommy, salah satu panitia.

Kekhawatiran panitia cukup beralasan, pasalnya acara tersebut menghadirkan dua tokoh yang menurut sejumlah mahasiswa bermasalah. Antara tema dan pembicara seminar dianggap tidak sesuai. Di luar gedung Sportorium, sekitar ratusan mahasiswa dibawah nama Aliansi UMY Bergerak berunjuk rasa. Mereka menuntut Ganjar Pranowo  dan Anies Baswedan menghentikan proyek pembangunan yang merusak lingkungan.

Repoter : Umar Al-Jufri
Editor : Gigih Imanadi

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar