Government Gathering 2020, Sinergi untuk Kepemerintahan yang Lebih Baik

Sumber : Dokumen Nuansa

Nuansa Online - Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali mengadakan acara tahunan Government Gathering 2020 pada Selasa (18/2) bertempat di Gedung Sportorium UMY. Dengan mengangkat tema “Better Government for Better Governance”, diskusi-diskusi yang dikemas dalam bentuk talkshow di Government Gathering 2020 difokuskan pada pembahasan tentang Good and Green Governance dengan keynote speakers utama yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 
Acara tahunan ini diikuti oleh beberapa perwakilan pemerintah daerah yang telah bekerja sama dengan UMY dalam rangka pengadaan pengabdian masyarakat bagi para mahasiswanya. Pemerintah daerah tersebut meliputi; Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Pemerintah Kota Salatiga, Pemerintah Kabupaten Sragen, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, dan masih banyak lagi. Dalam setiap rangkaian talkshow, perwakilan pejabat daerah yang ikut berpartisipasi memiliki kesempatan untuk memaparkan perkembangan dan juga tantangan yang dihadapi mereka untuk menjadi good and green governance. Rektor-rektor dari universitas lainnya, seperti Universitas Jenderal Ahmad Yani, Universitas Islam Indonesia, pun turut hadir dalam acara Government Gathering 2020.
Eko Priyo Purnomo, M.Si., M.Res., Ph.D, selaku Pimpinan Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional UMY menuturkan harapannya untuk Government Gathering 2020 ini agar bisa menjadi perantara kolaborasi bagi pihak UMY dan juga pemerintah setempat di masa depan untuk ke arah yang lebih baik.

Ganjar Pranowo berinteraksi dengan peserta
Sumber : Dokumen Nuansa

Tak hanya diikuti oleh pemerintah daerah, agenda kali ini juga diikuti oleh kalangan mahasiswa maupun pelajar yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya.  Meski Anies Baswedan, salah satu keynote speaker dalam agenda kali ini berhalangan hadir dan digantikan dengan video teleconference, namun antusiasme peserta tetap terjaga hingga agenda ini berakhir pada sore hari. Kehadiran Ganjar Pranowo diakhir sesi agenda menjadikan suasana Sportorium UMY yang sempat sepi pengunjung menjadi ramai dan interaktif.
Meski sempat terjadi aksi damai di luar Sportorium UMY yang diinisiasi oleh Aliansi UMY Bergerak serta pemberian raport merah kepada Ganjar Pranowo oleh Presiden Mahasiswa UMY namun kegiatan kali ini dapat terjaga kekondusifannya.
“Saya datang ke sini karena ingin bertemu dengan Pak Ganjar, harapannya agenda seperti ini bisa mempertemukan berbagai kalangan yang ada di Indonesia,” ungkap Rofita salah satu peserta dalam kegiatan kali ini.

Reporter          : Muhammad Iqbal
Editor              : Sri Fatimah
  
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar