Pro Kontra: Kawasan Tanpa Rokok di Malioboro

Sumber: Jawa.pos


Nuansa Online - Kawasan Malioboro merupakan salah satu daya tarik wisata di Yogyakarta. Berdasarkan data Dinas Pariwisata Yogyakarta, dalam setahun jumlah pengunjung Malioboro mencapai  4.533.019 wisatawan lokal dan 219.332 wisatawan mancanegara. Jika diperhatikan banyak dari wisatawan, pedagang ataupun masyarakat sekitar merokok sembarangan di sepanjang area Malioboro. Untuk itu mulai Maret 2020 Pemerintah Kota Yogyakarta akan memberlakukan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di kawasan pedestrian Malioboro.

Dengan adanya kebijakan baru ini, para perokok tidak akan bebas merokok sembarangan di Malioboro. Kebijakan ini berpijak pada Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang berlaku di Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Tempat Proses Belajar Mengajar, Tempat Bermain Anak, Tempat Ibadah, Angkutan Umum, Tempat Kerja dan Tempat Umum. Bagi yang kedapatan melanggar akan dikenakan sanksi berupa pidana kurungan selama maksimal satu bulan atau denda paling banyak Rp. 7.500.000. Namun pelaksanaan KTR ini masih perlu disosialisasikan kepada seluruh elemen masyarakat yang ada di Malioboro baik pedagang maupun pengunjung.

“Saya pribadi mendukung kebijikan ini karena memang baik untuk kesehatan, kasihan orang-orang yang nggak merokok terkena imbasnya apalagi kalau anak kecil dan ibu-ibu, bisa kena penyakit mereka. Namun juga perlu adanya sosialisasi ke masyarakat juga. Harus ada pemberitahuan dan juga pemasangan plang mengenai KTR di sepanjang  jalan Malioboro supaya masyarakat tidak kaget.” ujar Andi, petugas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta.

Nantinya Tempat Khusus Merokok (TKM) tidak dibangun di wilayah pedestrian Malioboro tapi di beberapa tempat pusat perbelanjaan, area mall maupun hotel. TKM nantinya akan dibuat berupa bilik yang dapat digunakan untuk merokok. Andi mengungkapkan jika hak perokok juga harus diperhatikan, pemerintah juga harus memberikan ruang kepada perokok untuk merokok.

“Tujuan KTR sudah bagus, tapi tentu juga harus memperhatikan hak perokok juga, kalo kata atasan saya juga nanti ada tempat khusus buat merokok Mas, jadi yang merokok juga dapat tempat. Adil lah yang tidak merokok tidak terganggu di sepanjang Malioboro, yang merokok juga dapet tempat buat merokok.” imbuh Andi.

Yanto, salah satu penjual rokok keliling di Malioboro mengatakan bahwa ia mengkhawatirkan nasib penjual rokok keliling jika kebijakan ini diterapkan karena akan menyebabkan meruginya usaha mereka.

 “Kalo yang dilarang merokok itu perokok ya nggak masalah sih Mas, tapi gimana nanti nasib kami. Kasihan juga kan para pedagang rokok. Kita cari uang dari orang yang beli rokok, kalo dilarang merokok kan orang jadi nggak beli dagangan kami” ujarnya.

Selain itu  beberapa wisatawan yang berkunjung ke Malioboro menyampaikan pendapatnya mengenai diterapkannnya kebijakan baru ini terhitung Maret 2020. Beberapa setuju dan mendukung terhadap adanya KTR ini, namun tak sedikit juga yang merasa tidak senang.

“Saya sih ndak masalah Mas, tapi masak di sepanjang jalan Malioboro? Nanti kalau kita makan di warung yang di Malioboro masak dilarang juga? Habis makan nggak ngerokok ya paru-paru nggak Smile Mas”. Ujar Abdi, salah satu pengunjung yang kontra akan kebijakan baru KTR Malioboro.

“Kalo misalnya dilarang sih nggak papa, kalau misalnya emang dilarang ya saya juga nggak akan ngerokok di sini”. Ungkap Ja’far, wisatawan yang merasa setuju-setuju saja dengan kebijakan baru ini.

Reporter: Umar Al-Jufri
Editor: Sa’idatuz Zakiyah

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. I precisely desired to say thanks once again. I’m not certain the things that I might have used in the absence of the entire opinions revealed by you regarding that question. It had become a real difficult concern in my position, nevertheless spending time with your specialised avenue you resolved the issue made me to jump over joy. I’m just grateful for this advice and even wish you comprehend what a great job that you’re carrying out instructing most people all through your webpage. I know that you have never got to know any of us. PuffingBird.com

    BalasHapus