Aliansi UMY Bergerak Kecam BEM SI



Sumber: Aliansi UMY Bergerak

Nuansa Online - Kedatangan Ganjar Pranowo di acara Government Gathering 2020 di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) disambut aksi damai mahasiswa UMY yang tergabung dalam Aliansi UMY Bergerak. Di luar Sportorium, massa aksi menggelar aksi damai dengan tertib. Sementara itu, di dalam Sportorium, perwakilan dari Aliansi UMY Bergerak menyampaikan tuntutannya kepada Ganjar. Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) UMY Iqbal Khatami bahkan memberikan rapor merah untuk Ganjar secara langsung.

Aliansi UMY bergerak adalah aliansi yang tergabung dari beberapa organisasi yang berada di UMY, mereka menginisiasi gerakan menolak penjahat ekologi datang ke UMY. Beberapa organisasi pergerakan di Yogyakarta pun turut berpartisipasi dalam aksi massa tersebut, salah satunya adalah Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI).

Namun Aliansi UMY bergerak selaku inisiator aksi menyayangkan tindakan perwakilan BEM SI. Menurut Aliansi UMY Bergerak, BEM SI mencari eksistensi di rumah orang lain. Mereka mengutuk unggahan insta story di akun Instagram pribadi Bayu Septian yang mengunggah foto bersama Aliansi UMY Bergerak dengan caption “BEM SI JATENG-DIY ‘gayeng istimewa’”. Menurut mereka, postingan itu sama sekali tidak mewakili Aliansi UMY Bergerak karena Aliansi UMY Bergerak tidak tergabung dalam BEM SI, justru BEM SI yang tergabung dalam Aliansi UMY Bergerak.

Pihak Aliansi UMY Bergerak juga menyayangkan pernyataan Bayu yang terkesan mengerdilkan pihak Aliansi UMY Bergerak selaku inisiator dan malah memberikan kesan seolah BEM SI-lah yang menginisiasi aksi massa. Mereka juga menyayangkan pihak media yang banyak memuat tentang pernyataan Bayu dan tidak memuat pernyataan dari Aliansi UMY Bergerak.

Dikutip dari Republika, pada Selasa, 18 Februari 2020 pukul 19.10 WIB disebutkan BEM SI wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan demonstrasi di depan Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Selasa (18/2). Mereka melakukan aksi tersebut di sela 'Government Gathering on Good and Green Governance 2020' yang dihadiri Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Menanggapi hal itu, Aliansi UMY Bergerak mengeluarkan press release mengutuk Bayu Septian selaku Koordinator BEM SI Jawa Tengah dan DIY. Adapun poin dari press release mereka adalah:

1. Terdapat narasi yang mengkerdilkan Aliansi UMY Bergerak yang dilakukan oleh BEM SI di media atas pernyataan yang disampaikan oleh Koordinator Wilayah BEM SI Jateng-DIY yang bernama Bayu Septian.

2. Bayu  Septian  selaku  Koordinator BEM SI wilayah Jateng-DIY melakukan wawancara secara sepihak  dengan jurnalis sehingga  dalam  narasi  di  media-media namanya  selalu  terkesan sebagai sosok yang menginisiasi gerakan aksi tersebut.

3. Politik wacana yang dimainkan oleh BEM SI melalui koordinatornya yang hanya fokus mengangkat kasus yang dilakukan oleh Ganjar Pranowo dan tidak mengangkat kasus Anies Baswedan padahal pada kesepakatan konsolidasi Aliansi UMY Bergerak  telah  disepakati bahwa  aksi  ini  fokus  dan  konsisten  untuk  menolak  kedatangan  kedua  gubernur  penjahat lingkungan dan kemanusiaan.

Muhammad Iqbal Khatami sebagai Presiden Mahasiswa BEM KM UMY yang tergabung dalam Aliansi UMY Bergerak memberikan tanggapan terkait masalah ini.
“Secara statement BEM KM UMY melebur ke Aliansi UMY Bergerak karena BEM KM UMY adalah bagian dari aliansi,” ujarnya.

Fikri, koordinator umum Aliansi UMY Bergerak mengecam dan meminta kepada seluruh aliansi masyakarat yang ada di Jogja untuk memboikot BEM SI dari seluruh partisipasi aliansi.

“Diriku mengecam dan menyerukan kepada seluruh aliansi masyarakat, khususnya di Jogja untuk memboikot BEM SI dari partisipan aliansi”, tegas Fikri.

Pihak Nuansa sudah menghubungi Bayu Septian untuk dimintai tanggapan, namun sampai saat ini Bayu belum memberikan tanggapannya.

Reporter: Umar Al-Jufri

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar