M. Fawwaz Syafiq Rizqullah Sabet Mahasiswa Berprestasi UMY 2020

Sumber: Dokumen Pribadi


Nuansa Online - Awal tahun 2020 ini, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali mengadakan pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres). Muhammad Fawwaz Syafiq Rizqullah yang akrab dipanggil Syafiq berhasil menjadi Mahasiswa Berprestasi tahun 2020. Ia berhasil bersaing dengan 15 finalis calon mahasiswa berprestasi dari fakultas yang berbeda.

Mahasiswa Berprestasi sendiri merupakan sebuah event yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tiap tahun untuk mencari mahasiswa yang memiliki potensi lebih. Dimana event ini juga bisa dikatakan sebagai sebuah ajang Indonesia untuk mencari sumber daya manusia unggul yang tidak hanya di ipk tetapi juga aktif  berorganisasi dan bermasyarakat. Setelah melaksanakan proses seleksi yang cukup panjang, mulai dari penilaian tingkat prodi, fakultas hingga tingkat universitas dan akhirnya Syafiq berhasil menjadi Mahasiswa Berprestasi tahun 2020.

Syafiq yang merupakan mahasiswa yang berasal dari Penajam Pasir Utara, Kalimantan Timur, saat ini sedang menempuh studi di jurusan Ilmu Hubungan Internasional (IPIREL). Ia sendiri terdaftar menjadi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sejak 2017. Terkait dengan ajang mahasiswa berprestasi, Syafiq memang sudah mempersiapkan sejak lama. Ia mengatakan bahwa memiliki banyak kenalan di kampus bisa menambah pengetahuan mengenai apa itu mahasiswa berprestasi, terutama mengenali orang-orang yang pernah berpartisipasi dalam event mahasiswa berprestasi. Kenalannya tak hanya dari UMY saja tetapi juga dari kampus lain seperti Universitas Negeri Yogyakarta Dan Universitas Gajah Mada.

“Memang sudah saya siapkan kalau tidak salah dari semester 2, waktu itu saya sempat ketemu dengan mahasiswa berprestasi dari UGM 2018 namanya Angelo Wijaya dan mulai dari situ saya cari tahu tentang apa itu Mapres”, ujar Syafiq.

Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal 3.00 (Nasional) , keaktifan dalam berorganisasi, serta prestasi merupakan hal yang penting dalam proses seleksi mahasiswa berprestasi. Selain ketiga hal tersebut, sikap dari calon mahasiswa berprestasi juga menjadi bahan pertimbangan. Oleh karena itu, Syafiq berpendapat bahwa mahasiswa yang berprestasi bukan hanya mahasiswa yang memiliki IPK tinggi tetapi juga mahasiswa yang bisa me-manage waktu dengan baik serta dapat menentukan prioritas sehingga organisasi dan kuliah bisa sejalan. Alhasil IPK tetap terjaga dan amanah dalam organisasi pun terlaksanakan.

Selain menjadi mahasiswa berprestasi tahun 2020, prestasi lain yang pernah dicapai oleh syafiq beberapa diantaranya adalah menjadi Best delegate Baduy Banten 2019, 1st Debate national mahasiswa yang diadakan oleh Kementrian Agama RI, Conference di Malaysia Dan Bangkok untuk tingkat internasional. Sedangkan, untuk tingkat nasional salah satunya adalah menjadi Presenter terbaik di Malang. Fakta unik yang terdapat dalam diri Syafiq adalah saat ini ia melanjutkan pendidikan di 2 perguruan tinggi yaitu UMY dan STAIMS dimana kemampuan ini bisa dibilang tidak banyak orang yang bisa menjalankannya. Syafiq juga menargetkan bahwa ia harus ke luar negeri setiap tahun sebagai motivasinya untuk terus menambah pengetahuan hingga pengalamannya.

Syafiq mengajak seluruh mahasiswa UMY untuk memasang target ataupun mimpi yang bakal diraih di setiap kegiatan ataupun semester karena Syafiq berfikir jika tidak ada target maka hidup kita akan flat dan biasa saja. Syafiq juga berharap semoga Mahasiswa yang mengikuti Pilmapres pada tahun selanjutnya harus lebih banyak dan bersemangat untuk mempersiapkan semuanya dengan tujuan dakwah dan menambah pengalaman. Mengikuti Pilmapres ini bisa menjadi salah satu pengaruh untuk meningkatkan kualitas kampus dan menuntut ilmu adalah dakwah yang diperuntukkan bukan hanya kepada orang islam. Kemudian, pesan Syafiq kepada pihak kampus adalah untuk memfasilitasi mahasiswa yang ingin berprestasi, agar bisa menjadi role model kampus yang mensyiarkan islam dan menjadi kampus yang berbeda dari kampus lain dalam hal menyebarkan hal positif.

Reporter: Vinny A. & Natasha Dhea
Editor: Sa'idatuz Zakiyah
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar