Tindakan UMY Menghadapi COVID-19, Hingga Pembatalan Kegiatan



Sumber: chla.org

Nuansa Online – Menanggapi keadaan Indonesia yang saat ini tercatat 117 kasus pasien positif virus corona per 15 Maret 2020, dan juga berdasarkan surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor:35492/A_A5/2020 tanggal 12 Maret 2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), maka Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membuat surat edaran mengenai aktivitas perkuliahan pada Sabtu (14/03). Surat tersebut berisi pemberitahuan bahwa mulai tanggal 16 – 21 Maret 2020 perkuliahan dilaksanakan secara online dan akan berjalan normal kembali pada 23 Maret 2020.

Surat edaran UMY terkait pencegahan COVID-19

Setelah surat edaran tersebut keluar, Rozikan selaku Kepala Divisi Minat Bakat Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY mengumpulkan seluruh Badan Pengurus Harian (BPH) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk membahas beberapa kegiatan UKM mulai dari penundaan hingga pembatalan.

LPKA mengumumkan bahwa semua kegitan dan acara UKM yang berhubungan dengan banyak orang ditunda hingga waktu yang belum ditetapkan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dan sebagai upaya  pencegahan risiko penyebaran  COVID-19. Beberapa acara yang mengirim delegasi keluar negeri pun sudah resmi dibatalkan. Namun UMY masih memperbolehkan kegiatan latihan UKM di dalam kampus dengan syarat harus memperhatikan standar kebersihan dan kesehatan. LPKA juga menghimbau untuk para mahasiswa agar tidak berpergian dan berkumpul ke tempat-tempat yang penuh keramaian.

Alasan penetapkan kuliah online dalam waktu seminggu adalah karena UMY ingin mempersiapkan standar belajar mengajar yang aman dengan kondisi rentan COVID-19 ini.

“Jadi semua kegiatan di UMY dioff kan satu minggu ini karena UMY sedang menyiapkan standar untuk beraktivitas,” ucap Rozikan.

Persiapan itu diantaranya yaitu pembentukan tim taskforce Covid-19 UMY, pembersihan ruang-ruang kelas, pemasangan hand sanitizer dan pembuatan prosedur kesehatan. Mulai tanggal 23 Maret 2020 semua kegiatan belajar-mengajar sudah bisa berjalan seperti biasa dengan syarat harus memenuhi prosedur kesehatan yang telah ditetapkan oleh UMY.

Reporter: Afifah Prabu
Editor: Sa'idatuz Zakiyah

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar