Penundaan Hingga Pemberlakuan Online Student Exchange UMY

Sumber: us-cn.org
 
Nuansa Online - Terkait pandemi Covid-19 pihak kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengeluarkan kebijakan-kebijakan baru, salah satunya untuk program student exchange semester ganjil 2020/2021. Kebijakan ini meliputi penundaan penerimaan mahasiswa hingga student exchange yang dilakukan secara online. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan kebijakan dari masing-masing kampus partner di tiap negara.

Dihubungi secara online pada Jum’at (19/06), Yordan Gunawan, Kepala Badan Kerjasama Luar Negeri UMY mengkonfirmasi bahwa program student exchange tetap dilaksanakan. Sebelumnya perlu untuk diketahui bahwa program student exchange yang diadakan oleh UMY terbagi menjadi dua yakni inbound yang mana pihak kampus menerima mahasiswa dari kampus partner dan outbound yang mana mahasiswa dikirimkan ke kampus partner.

“UMY tetap melakukan rekruitmen untuk student exchange sampai dengan bulan Maret lalu, setelah sebelumnya mengkonfirmasi kepada kampus partner, apakah di masa pandemi ini meraka akan menerima mahasiswa kita dari UMY atau tidak,” jelasnya terkait pelaksanaan student exchange secara outbound.

Kebijakan yang dikeluarkan oleh kampus partner akan berbeda-beda tergantung situasi pandemi Covid-19 di tiap negara tersebut. Beliau menjelaskan beberapa kampus ada yang langsung mengatakan tidak menerima mahasiswa, seperti di Thailand dengan kampus partner yaitu Maejo University, Khon Kaen University dan Thammasat University. Sedangkan untuk SIAS International University, China sendiri akan mengadakan Online Exchange Program, September 2020-Januari 2021. 

Sementara itu kampus di Malaysia masih melihat perkembangan, namun pada akhirnya menunda penerimaan mahasiswa secara offline maupun tidak menerima. Seperti University Utara Malaysia, memindahkan semua aktivitas student exchange pada semester genap yaitu pada Februari 2021. Namun ada pula yang pada akhirnya memberikan kesempatan untuk melakukan student exchange  secara online mulai September yang akan datang, yaitu UiTM (Universiti Teknologi Mara) Malaysia. 

Di sisi lain, kampus di Polandia, Spanyol, Taiwan, Jepang, Korea Selatan sampai dengan saat ini masih menerima mahasiswa yang akan melaksanakan student exchange. Taiwan dan Jepang akan melakukan aktivitas student exchange  pada awal September. Kemudian disusul Korea Selatan yang akan mengadakan aktivitas student exchange pada bulan September atau Oktober yang mana nantinya masih akan ada informasi lanjutan. Terakhir ada Polandia dan Spanyol yang akan mengadakan aktivitas student exchange pada November yang akan datang.

“Kami terus kontak dengan pihak kampus sana, dan selalu update perkembangan pandemi, sampai dengan saat ini. Jikalau memang nanti ada keputusan yang berbeda, ya mau tidak mau kita harus mengikuti prosedur yang sudah dimiliki negara masing-masing,” terang Yordan Gunawan.

Di samping mengadakan student exchange secara offline dan online, mahasiswa juga mengikuti  Summer Program Online berkredit yang dibuat oleh Asia University, Taiwan. UMY mendapatkan kuota khusus untuk ini, sekitar 65 mahasiswa. Summer Program Online berkredit ini, khusus bagi mahasiswa program Internasional angkatan 2017 yang belum mengikuti program student exchange serta yang tidak mendapatkan kuota September yang akan datang.

Terakhir beliau menjelaskan khusus untuk program inbound, sesuai dengan Keputusan Permenkumham (Peraturan Menteri Hukum dan HAM) tahun 2020, maka pemerintah Indonesia tidak memeperbolehkan menerima orang asing untuk belajar di Indonesia, sehingga saat ini sedang dirancang program student exchange dengan sistem online. Baik melalui Summer Course berkredit, juga rancangan di bulan September. Untuk Program Summer Course ini tinggal finalisasi saja, segera akan dibuka untuk partner universitas seluruh negara. Terdapat beberapa prodi yang siap bergabung untuk menyelenggarakan UMY Summer Program Online ini yaitu: IPIREL, IPOLS, IPIEF, IPICOM, IP-Cos, IMABs dan IPAcc.

Reporter: Fauzar Rahma
Editor: Sa'idatuz Zakiyah

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar