Pesanan Menurun karena Covid-19, Mahasiswa KKN UMY Berikan Pelatihan Pengolahan Jamur Tiram

 

Sumber: KKN IT 169 UMY


Nuansa Online - Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berikan pelatihan pengolahan jamur tiram dan hasil pertanian kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Lombok Timur. Pelatihan tersebut dilaksanakan sejak Sabtu (22/08) hingga Minggu (23/08) bertempat di Lombok Jamur Education Center, Desa Dasan Boro. Hal ini bertujuan untuk memberdayakan UMKM jamur tiram LOTIM yang terdampak akan adanya Covid-19 dan meningkatkan harga jual jamur tiram yang sudah melalui proses pengolahan.

Pandemi Covid-19 menghantam seluruh perekonomian dunia termasuk perekonomian Indonesia. Salah satu sektor ekonomi yang merasakan dampak dari pandemi Covid 19 adalah UMKM ( Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Dilansir dari https://databoks.katadata.co.id/ data Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah menunjukkan pada tahun 2018 UMKM di Indonesia menyumbangkan 8.573,9 tereliun terhadap PDP ( Pendapatan Domestik Bruto) hal ini ini menunjukkan UMKM di Indonesia berkontribusi sebanyak 57,8% terhadap PDB.

Badai Covid 19 membuat UMKM di indonesia mengalami berbagai tantangan untuk tetap survive di tengah guncangan ekonomi,  salah satu tantangan yang sering dihdapi adalah sepinya pesanan. Hal yang sama juga dirasakan oleh UMKM Jamur Tiram Lombok Timur. Para petani jamur tiram Lombok Timur mengaku adanya penurunan pemesanan yang drastis karena adanya Covid 19. 

“Pada masa Covid ini pesanan sangat turun drastis, saking sedikitnya pesanan bahakan saat panen jamur tiram petani jamur sering tidak memetik jamur karena tidak ada pesanan,” Jelas Akhiruddin salah satu petani jamur tiram Desa Dasan Boro, Kec. Suralaga. 

Permasalahan lain yang dialami oleh para petani jamur tiram Lombok Timur ( LOTIM) yang tergabung dalam komunitas Petani jamur Lombok Tiram adalah kurangnya skill dalam mengolah jamur tiram menjadi berbagai variasi makanan ringan. Hal ini menggerakan mahasiswa KKN IT 169 Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY) untuk memberikan pelatihan pengolahan jamur dan hasil pertanian. 

Pelatihan Pengolahan Jamur Tiram dan Hasil Pertanian ini berkolaborasi dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Lombok Timur dan Lombok Organic. Pelatihan ini diikuti oleh UMKM Jamur LOTIM, pemuda-pemudi dan Ibu PKK Dasan Boro. Antusiasme terlihat jelas ditunjukkan oleh para peserta pelatihan. Pada pelatihan ini para peserta dilatih untuk dapat mengolah jamur tiram menjadi berbagai macam variasi makanan ringan sehingga dapat meingkkatkan daya jual jamur tiram. Beberapa makaan olahan jamur yang dibuat seperti es krim Jamur Tiram, kaldu Jamur Tiram, dan abon Jamur Tiram. 

Pelatihan ini tidak hanya melatih cara mengolah jamur tiram tetapi juga memberikan pelatihan pengolahan hasil pertanian menjadi pupuk alami. Salah satu hasil pertanian yang diolah menjadi pupuk adalah bonggol pisang dengan campuran telur ayam dan bahan lainya diolah menjadi pupuk cair ramah lingkungan.

"Wah sangat antusias sekali yah, khususnya dari Ibu PKK bersyukur sekali adek-adek KKN mempunyai kegiatan seperti ini, untuk kedepanya kita pengen sih kegiatan seperti ini diadakan terus sebagai tambahan ilmu," Ungkap Lili salah satu anggota ibu PKK Desa Dasan Boro.

Antusisme akan program pelatihan Jamur Tiram dan Hasil Pertanian ini, mentor yang menjadi pendamping pada kegiatan ini berasal dari BLK Lombok Timur dan Lombok Organic.

“Saya merasa senang masyarakat ikut berpartisipasi aktif dalam meningkatkan produktivitas, jadi selain panen tok mereka ada usaha untuk mengolah hasil pertanian,” Ungkap Astuti Malik salah satu mentor dalam kegiatan pengolahan pertanian ini.  

Kegiatan mendapat tanggapan positif sekaligus antusiasme luar biasa dari peserta. Harapan kedepanya dari terlaksananya program ini adanya peningkatan pesanan jamur yang didapatkan petani jamur tiram dengan berkembangnya berbagai variasi makanan olahan jamur yang ditawarkan.

Reporter: Siti Nurlaeli Lutviani Murni

Editor: Sa'idatuz Zakiyah 



Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. ini umkm pengolahan jamur menjadi kaldu jamur , boleh minta info lebih lanjut, di wa 081320743795 atau email ini. terima kasoh saya tunggu informasi selanjutnya

    BalasHapus