UMY Laksanakan Upacara Online Peringatan Kemerdekaan Indonesia ke-75

Sumber: umyogya

 

Nuansa Online - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) laksanakan upacara bendera memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75 secara online dan offline. Upacara Kemerdekaan yang mengusung tema "Indonesia Maju" ini digelar pada Senin (17/08) dan bertempat di depan lapangan bintang.


Upacara dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dengan anggota dari UKM Pramuka dan Menwa (Resimen mahasiswa) sebagai petugas upacara. Beberapa sivitas akademika seperti rektor, staf, dosen dan mahasiswa pun turut hadir memakai dresscode batik dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Peserta dan petugas upacara diwajibkan untuk memakai masker dan juga melakukan social distancing. Meskipun begitu, adanya pandemi ini tidak menghilangkan semangat dalam mengikuti Upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia ke-75. Tak hanya secara langsung, upacara ini dapat diikuti melalui siaran live Youtube, Instagram, dan Zoom umyogya serta pramukaumy. Sehingga mahasiswa-mahasiswi UMY yang tidak berada di Yogyakarta dapat turut serta mengikuti upacara ini. Adapun Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P datang untuk menjadi inspektur upacara kali ini. 


Pengibaran bendera 'Sang Saka Merah Putih' berlangsung dengan khidmat diiringi dengan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan Mengheningkan Cipta sebagai bentuk mengenang dan menghargai jasa seluruh pahlawan Indonesia yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan. 


Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P selaku inspektur upacara membacakan pidatonya. Syukur dihaturkan kepada Allah SWT karena para sivitas akademika UMY masih dapat diberi kesehatan dan menjalankan aktivitas kampus di tengah pandemi Covid-19 ini. Dalam pidato kali ini, beliau mengajak untuk mengenang jasa para pahlawan terutama yang berasal dari Muhammadiyah antara lain, K.H. Ahmad Dahlan, Siti Walidah, K.H. Fachrudin, Ki Bagus Hadikusumo, dan Kasman Singodimedjo. Selain itu, beliau juga menjelaskan sedikit mengenai politik cermin serta hak dan kewajiban warga negara Indonesia yang tertulis pada pasal 26 ayat 1 UUD 1945. Dalam momentum ini pula, mahasiswa diharapkan dapat menyadari dan melanjutkan perjuangan para pahlawan sebelumnya dalam memajukan bangsa dan negara Indonesia.


Lagu Hari Merdeka menjadi lagu wajib nasional yang disenandungkan dalam upacara kali ini. Tak lupa doa dilantunkan sebagai penutup. Upacara kali ini diorganisir langsung oleh UKM Pramuka, PMI-KSR dan Menwa UMY. 


Reporter: Sa'idatuz Zakiyah

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar