Kecelakaan Tak Surutkan Semangat Haidar Jadi Wisudawan Terbaik

 

Sumber: Dokumen Nuansa

Nuansa Online - Wisuda Periode I Tahun Akademik 2020/2021 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah dilaksanakan secara luring and daring pada Kamis (10/9). Haidar Aldi Wintoro merupakan mahasiswa Program Studi Teknologi Informasi berhasil menjadi wisudawan terbaik tingkat Prodi pada periode wisuda kali ini. Haidar berhasil menuntaskan kuliahnya dalam waktu 3 tahun 4 bulan 21 hari dengan IPK 3.95. 

“Alhamdulillah saya bisa membanggakan orangtua saya dan lulus sesuai target yang saya rencanakan di masa awal kuliah”, jelasnya saat diwawancarai via online.

Keberhasilannya dalam menyelesaikan studi bukanlah tanpa hambatan. Pada semester 3, Haidar mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kakinya patah dan harus mengambil cuti selama satu semester. 

Untuk mengejar ketertinggalannya tersebut ia membagi mata kuliah yang tertinggal pada semester 3 ke semester 4-8. Sebelumnya ia sempat memperhitungkan bahwa ia tidak akan bisa lulus di semester 8 karena masih ada mata kuliah di semester ganjil yang harus ia ambil pada semester 9. Namun pada semester 5 Program Studi Teknologi Informasi mengalami perubahan kurikulum 4.0 yang menyebabkan adanya mata kuliah yang dirotasi yaitu dari semester ganjil ke genap dan sebaliknya. Hal ini memberikan peluang bagi Haidar untuk dapat menyelesaikan studinya pada semester 8. Selain itu ia juga mengikuti free course tentang programming untuk menunjang ketertinggalannya tersebut.

Selama masa kuliahnya Haidar juga aktif  mengikuti kepanitiaan acara besar kampus yaitu IT Specta v5 (2018) dan IT Specta v6 (2019). Pada Juli – Agustus 2019 ia juga mendapatkan kesempatan magang di PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk. Selama magang ia mendapatkan tugas untuk membuat website SICAV (Sistem Cataloging & Vendor Mgt). Bahasa dan framework yang digunakan dalam pembuatan website ini adalah php & Codeigniter dimana kedua hal tersebut belum pernah diajarkan selama di bangku kuliah. Disana ia juga belajar untuk berkomunikasi dengan atasannya yang notabene bukanlah orang yang berasal dari bidang IT. Haidar menyampaikan bahwa pengalaman magang ini merupakan hal yang tidak akan pernah ia lupakan dan setelah menyelesaikan studinya ini ia berencana untuk bekerja kemudian melanjutkan S2 dengan biayanya sendiri.

“Teruslah berkarya, cari dan terus kembangkan potensi diri yang ada, dan yang terpenting adalah berusaha sambil diiringi doa, karena kalau kita sudah berusaha dan berdoa, hasil akan mengikuti kedua hal tersebut”, ujar Haidar yang menyampaikan pesan kepada para mahasiswa dan mahasiswi UMY yang masih menjalankan masa studinya.

Reporter: Rizky Adi Binangun & Fauzar Rahma

Editor: Sa'idatuz Zakiyah



Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar