Kurangnya Sarana Publikasi, Mahasiswa KKN UMY Bantu Kelola Website BUMDes

Sumber: KKN UMY 167




Nuansa Online - Kelompok KKN UMY 167 melakukan pengabdian masyarakat di BUMDes Harmaji pada Rabu (29/07) hingga Sabtu (29/08). BumDes Harmaji yang berada di Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu desa terdampak Covid-19 yang mana mulai melemahnya sektor ekonomi mereka. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN UMY berinisiasi untuk membantu mengelola website BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) yang digunakan sebagai ajang promosi UMKM sehingga mampu menggerakkan kembali roda perekonomian setempat.

Perekonomian dunia anjlok oleh pandemi Covid-19 terlebih lagi Indonesia. Situasi ini diperparah dengan banyaknya sektor ekonomi yang tidak dapat bertahan karena lesunya daya beli masyarakat, salah satunya adalah sektor UMKM. Dilansir dari detik.com/finance, UMKM memiliki kontribusi sebanyak 97% untuk lapangan kerja di Indonesia, 60% terhadap PDB nasional, 58% terhadap investasi nasional dan 14% ekspor nasional.

Dampak dari Covid-19 tersebut juga dirasakan oleh BUMDes Harmaji. Adapun permasalahan yang dihadapi berupa kurangnya sarana publikasi UMKM di outlet online.  

“Sebenarnya kami cukup kesusahan dalam hal publikasi karena BUMDes Harmaji sendiri belum memiliki website yang bisa dijadikan sebagai media penyampaian informasi tentang UMKM kami, sehingga harapan kami teman-teman mahasiswa KKN UMY bisa membantu kami untuk membuat website BUMDes Harmaji”, Ungkap Paturusi salah satu pengurus BUMDes Harmaji. 

Sesuai dengan permasalahan yang dihadapi BUMDes Harmaji sebelumnya terkait website, mahasiswa KKN UMY langsung mengumpulkan informasi terkait BUMDes Harmaji yang kemudian akan diinput kedalam website. Target utama dari pembuatan website ini sendiri yaitu memperluas jangkauan informasi tentang BUMDes Harmaji sehingga pasarnya semakin meluas tidak hanya di lingkungan Labuhan Haji tetapi bisa mencakup wilayah yang lain. 

“Saya harap dengan adanya website ini BUMDes Harmaji bisa lebih dikenal luas dan juga bisa meningkatkan dari segi pemasaran dan produktifitas”, Jelas Muhammad Thoriq selaku ketua kelompok 167 KKN UMY. 

Mahasiswa KKN UMY membutuhakan beberapa minggu untuk menyelesaikan setiap komponen-komponen yang akan dimasukan di dalam website. Setelah penyelesaian komponen-komponen inti website BUMDes Harmaji siap untuk di akses secara online oleh masyarakat. 

Ketua serta pengurus BUMDes Harmaji sangat mengapreasiasi hasil dari pembuatan website oleh mahasiswa KKN UMY karena sangat membantu dalam hal publikasi UMKM tersebut. 

"Peluasan sarana informasi UMKM sebenarnya sangat penting dalam roda perputaran ekonomi yang saling bersaing dalam hal promosi maupun penjualan, sehingga kami sangat mengapresiasi website ini”, Ungkap Uci salah satu pengurus BUMDes Harmaji. 

Apresiasi lain juga disampaikan oleh salah satu pengurus pada Sabtu (29/08) di kantor kepala desa saat acara penarikan mahasiswa KKN UMY.  

“Kami sangat berterimah kasih kepada teman-teman mahasiswa KKN UMY karena membantu kami untuk pembuatan website yang sebelumnya dari BUMDes belum memilikinya namun sekarang kami bisa memilikinya dan mengaksesnya guna mempermudah kami selaku pengurus dan khususnya untuk masyarakat agar lebih mudah mendapatkan informasi tentang usaha-usaha yang ada di BUMDes Harmaji”, Ungkap Hasan Basri selaku sekretaris BUMDes Harmaji.

Ummu Salamah Hafid Sinagula

Editor: Saidatuz Zakiyah

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar