OSDI Sarana Pengenalan Kemuhammadiyahan kepada Mahasiswa Baru

 

Sumber: Osdi_umy

Nuansa Online - Menggelar pelaksanaan Orientasi Studi Dasar Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (OSDI UMY) 2020 pada Kamis (01/10) di tengah masa pandemik COVID-19, merupakan pengalaman perdana bagi Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam  (LPPI UMY) selaku lembaga pelaksana. Dalam situasi pandemi seperti ini panitia dituntut untuk menyesuaikan konsep acara OSDI yang aman dan nyaman bagi para peserta. Meskipun begitu, esensi dari pelaksanaan OSDI dipastikan akan tetap tersampaikan sebagaimana OSDI tahun-tahun sebelumnya. 

OSDI merupakan bagian dari rangkaian acara Masa Ta’aruf Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Mataf UMY) 2020. Kegiatan ini memiliki 3 tujuan; pertama, mahasiswa baru diharapkan memiliki keyakinan bahwa Islam adalah satu-satunya agama yang benar sesuai dengan fitrah manusia dan berkomitmen untuk menggembleng diri menjadi seorang muslim yang ideal; kedua, meneguhkan peran dan tanggungjawab mahasiswa baru sebagai intelektual muda Islam yang mengemban tugas dakwah untuk selalu berfikir kritis dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya; dan ketiga, mahasiswa baru terkondisikan sejak awal dengan suasana akademik yang islami di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 

Kegiatan ini menjadi sarana untuk megenalkan Muhammadiyah kepada mahasiswa baru. Sebagaimana yang disampaikan oleh Shopi Setiawan, selaku Ketua Pelaksana OSDI 2020, “Terdapat dua cara untuk mengenalkan Muhammadiyah kepada mahasiswa baru. Pertama, melalui kegiatan OSDI dengan cara menciptakan atmosfer keislaman di kampus sehingga mahasiswa terbiasa dengan nuansa tersebut dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan nilai-nilai kemuhammadiyahan dan visi UMY, yaitu Unggul dan Islami. Kedua, dengan cara menjadi anggota Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), karena IMM dinaungi Muhammadiyah, sehingga dalam kegiatannya akan banyak program yang menuntun kepada Amar Ma'ruf Nahi Munkar (mengajak kepada kebaikan dan mencegah keburukan).”

OSDI tahun ini dilaksanakan pada Kamis (01/10) hingga Jumat (02/10) secara daring via Microsoft Teams dan streaming YouTube, di mana link tersebut akan diunggah di MyKlass,  sehingga memudahkan mahasiswa baru untuk mengaksesnya. Untuk pelaksanaannya sendiri diselenggarakan di Gedung AR-B lantai 5 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 

“Walaupun OSDI kali ini diselenggarakan secara daring atau online, harapannya mahasiswa baru mampu melihat keislaman sebagaimana visi UMY, yaitu Unggul dan Islami, sehingga ketika mahasiswa baru mengikuti perkuliahan pada hari pertama, mereka sudah memiliki bayangan akan atmosfer dan nuansa-nuansa keislaman yang diterapkan pada kegiatan belajar mengajar di UMY.” Ujar Shopi Setawan selaku Ketua Kegiatan Orientasi Studi Dasar Islam tahun 2020, (29/09). 

Reporter: Ashita Dewi Alifatuzzahra & Yodya Rana Anggita

Editor: Annisa Zachra Humaira & Lautan Hesychia Hayes Usha


Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar