AISEC UGM Ajak Mahasiswa Tingkatkan Produktivitas Melalui Seminar

 

Sumber: Dokumen Nuansa

Nuansa Online- Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales Universitas Gadjah Mada (AISEC-UGM) mengadakan seminar dengan tema utama “A Guide to Productive University Life” pada Sabtu dan Minggu (31/10-01/11). Seminar ini dibagi ke dalam 2 sub tema yakni “Build Your CV and Linkend & How to Ace Your Interview” yang telah diadakan pada hari pertama dan dilanjutkan hari kedua dengan sub tema “Individual Development Plan, Utilize Your Networking, and Excel in Public Speaking”. Seminar pada hari kedua ini diisi oleh ketiga pembicara yang merupakan alumni maupun anggota aktif AISEC Indonesia yang sudah berkarir dalam dunia kerja.

Pembicara pertama Yasinta Safira yang merupakan pendiri dari Women beyond Indonesia. Pada seminar ini beliau menyampaikan materi dengan  tema “Individual Development Plan”. Beliau menjelaskan bagaimana menyusun secara spesifik tujuan-tujuan hidup sehingga memudahkan untuk mengetahui hal-hal apa saja yang dapat dilakukan untuk mencapainya.

Metode yang digunakan dalam merumuskan hal ini dinamakan SMART goal. S = Specific, yang mana tujuan yang ingin dicapai haruslah detail dan bermakna, M = Measureable menjelaskan tujuan yang dicapai haruslah terukur untuk membantu mencapai kesuksesan, A = Attainable yakni tujuan yang ingin dicapai haruslah realistis dan memiliki alat untuk mencapai tujuan tersebut, R = Relevant dimana tujuan haruslah sejajar dengan misi perusahaan, dan T = Time, menetapakn deadline untuk setiap tujuan kita.

Sesi kedua bertemakan Utilize Your Networking yang dibawakan oleh Rahmat Maulana, seorang Business Development Manager di Goop Indonesia. Pada sesi ini Maulana menjelaskan betapa pentingnya untuk membangun networking selama kuliah. Membangun networking sederhana dengan mulai untuk  bergaul dengan siapapun baik itu teman nongkrong, organisasi, kos, dan lainnya. Tipsnya adalah harus paham terlebih dahulu tentang diri kita sendiri dan janganlah mengharapkan apapun dari orang tersebut. Bangunlah networking dengan ketulusan.

It’s never too late to build networking, dimanapun, kapanpun, dan dengan siapapun. Bangunlah networking setulus mungkin karena kita tidak akan pernah tau kapan kita akan kembali membutuhkan orang yang kita kenal tersebut, bisa jadi disaat kita akan bekerja nanti,” tukasnya di akhir penjelasan materi.

Kemudian sesi terkahir diisi oleh Aurelia Salsabila Putri yang merupakan Chief Marketing Officer Bukasuara. Materi yang dibawakan oleh beliau yakni Excel in Public Speaking.

“Di saat melaksakan suatu project even atau bahkan berbicara dengan kedua orangtua kita hal tersebut merupakan Public Speaking karena kita berusaha untuk menyampaikan ide kita kepada orang sehingga orang dapat terpengaruh dan memahami tujuan dari ide yang kita sampaikan,” jelasnya.

Aurelia membagikan beberapa tips dalam melakukan Public Speaking pertama adalah put context in their mind, pastikan semua orang memiliki satu pemahaman yang sama terhadap apa yang kita sampaikan. Kedua adalah Certain Tone of Voice yakni berbicaralah dengan tidak terlalu cepat dan tahu dimana akan memberi penekanan terhadap topik penting. Ketiga yakni begin with story, orang-orang cenderung akan tertarik dengan pengalaman pribadi dari pada menjelaskan materi dengan teori. Keempat yakni tell them why they need to hear you, kita harus bisa menyampaikan kepada peserta bahwa ide yang akan kita sampaikan akan berguna bagi mereka. Kelima yakni find your AHA moment, yakni peserta dapat menemukan inti dari apa yang kita bicarakan hingga mereka memiliki kesimpulan “oh begitu ya”. Terakhir yakni end with a WOW speechless sentence yang dimaksud disini adalah memberikan 1 atau 2 kata yang dapat melekat dalam jangka waktu yang di pikiran peserta.

 Practice make perfect, dalam melakukan Public Speaking kita harus melakukan latihan sesering mungkin sehingga kepercayaan diri dapat muncul,” pesan Aurelia di akhir acara.

Reporter:  Fauzar Rahma

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar