Transisi Politik, Presiden Mahasiswa UMY 2020/2021 Resmi Dilantik


Sumber: Dokumen Nuansa

Nuansa Online - Pelantikan BEM-KM serta DPM-KM UMY periode 2020/2021 telah terlaksana secara khidmat pada Sabtu (28/11). Segala proses pelantikan yang dilaksanakan oleh KPU telah sesuai rencana. Ini merupakan sejarah yang sangat berarti bagi KPU dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Raya (Pemira) UMYPasalnya, pemilihan dilakukan secara daring atau online, dimana merupakan suatu hal yang pertama dalam perpolitikan UMY serta pelantikan yang dilakukan secara offline di tengah pandemi.

Serangkaian acara pelantikan BEM-KM dan DPM-KM UMY ini dihadiri oleh Prof. Hilman Latief, M.A., Ph.D. selaku Wakil Rektor 4, serta Rozikan, S.E.I., M.S.I selaku Kepala Divisi Pengembangan Minat dan Bakat Mahasiswa. Pada acara pelantikan BEM-KM dan DPM-KM UMY ini, Prof. Hilman Latief, M.A., Ph.D. membuka dengan sambutan. Ia mengucapkan selamat bagi Ketua BEM serta DPM yang terpilih serta mengharapkan akan lebih baik lagi ke depannya bagi Universitas Muhammdiyah Yogyakarta. 

“Ini merupakan sebuah proses transisi yang baik, karena memang harus kita lakukan, karena tanpa ada proses ini maka kepemimpinan tidak akan berjalan baik.” lanjutnya pada sambutan Pelantikan BEM-KM dan DPM-KM UMY kali ini. Tentu pada suatu organisasi harus ada seorang nahkoda untuk menentukan arah tujuan organisasi itu akan berlabuh ke mana.

Pada situasi dan kondisi yang seperti saat ini, tentu pelaksanaan Pemilihan Umum Raya UMY ini  telah dipikirkan sedemikian rinci agar dapat berjalan lancar. Seperti yang diungkapkan oleh Presiden Mahasiswa (Presma) UMY periode 2020/2021, Yunanto. Dalam sambutannya, Yunanto mengutarakan kepercayaannya terhadap kabinet yang dia bangun. 

“Hal yang paling utama saya percaya dengan gagasan teman-teman. Saya percaya dengan soft-skill teman-teman. Saya percaya hal itu akan membawa ke perubahan yang lebih baik. Saya percaya bahwa hati teman-teman itu kuat, karena hati adalah raja bagi tubuh. Hati tersakiti, kalau teman saya gak kuat maka gagasan apapun tidak akan berdampak baik kedepannya. Saya selalu berdoa itu untuk saya dan seluruh teman-teman (kabinet).” terang Yunanto.

Terkait terselenggaranya Pelantikan BEM-KM dan DPM-KM UMY secara offline ini, Yunanto pun sangat mengapresiasi UMY. Ini menjadi suatu kekaguman sendiri bagi seorang Presiden Mahasiswa ini, sebab UMY menjadi satu dari sekian universitas yang bersikap secara cepat dan sigap terhadap pencegahan penyebaran COVID-19 sejak awal. Sehingga dapat menyenggelarakan segala agenda yang kemungkinan tidak akan terjadi secara offline. Dewasa ini, UMY berhasil mengadakan agenda secara offline, salah satunya pelantikan BEM-KM dan DPM-KM ini.

M. Noor Firdaus selaku Ketua KPU UMY mengungkapkan bahwa banyak perubahan pada pemilu online ini yang belum diatur sebelumnya, salah satunya proses pemungutan suara yang harus menggunakan internet. Kendala yang terjadi pada Pemilihan Umum Raya (Pemira) online UMY ini menentukan DPT dari setiap Fakultas, sebab banyak mahasiswa yang sudah yudisium atau wisuda yang masih berpartisipasi dalam Pemira UMY ini.

Supriyadi Lilo selaku ketua DPM-KM UMY periode 2020/2021 mengatakan bahwa ia berharap DPM dapat membawa perubahan, memberikan solusi, dan juga mampu memberikan efek tersendiri kepada mahasiswa. Tentu sebagai Dewan yang mewadahi semua aspirasi mahasiswa DPM harus lebih memberikan efek yang baik guna kemajuan baik itu mahasiswa ataupun kampus. Selain itu, DPM juga dituntut untuk tetap eksis pada masa kerjanya, jangan sampai hanya menjadi kacung perpolitikan UMY, melainkan harus bisa memberikan suatu inovasi bagi keberlangsungan dan kesejehteraan mahasiswa UMY.

“DPM ini bukan hanya menjalankan proker, tapi menjadi bagian pada perubahan itu sendiri. Selain itu, DPM ini merupakan sebuah amanah, tanggung jawab yang harus kita realisasikan dengan karya dan aksi nyata. Maka selain membawa perubahan DPM diharap tetap semangat dalam berjuang tetap jaga persatuan, tetap jaga ukhuwah kita dalam berjuang ke depannya.” ujar Supriyadi.


Reporter: Rizki Adi Kurniawan

Penulis: M. Rishad Abdila A

Editor: Rizki Feby Wulandari

 

 

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar