Dua Periode, Gunawan Budiyanto Optimis UMY Masuk Top 300 World Class University



Sumber: Dokumen Nuansa

Nuansa Online- Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., dipercayakan kembali mengemban amanah Rektor 2020-2024. Transisi kepemimpinan secara simbolis dikemas dalam acara pelantikan Rektor UMY yang disiarkan langsung dari Gedung Ar. Fachruddin B lantai 5 Kampus Terpadu UMY, Senin (28/12). Pelantikan Rektor dihadiri oleh beberapa perwakilan petinggi Universitas dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yogyakarta yang kemudian disiarkan melalui streaming youtube dan instagram.

Selama menjalankan kepemimpinan silam, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., telah mengantarkan UMY memperoleh beragam prestasi diantaranya Top 251 World University Rangkings Asia, Top 75 University in Shouteast Asia, The Best Muhammadiyah Higher Education Indonesia ranked 1, Top Private University Yogyakarta ranked 1, Top Private University Indonesia ranked 4, dan 15 Top University Indonesia. 

Memasuki periode kedua dibawah kepemimpinan Gunawan Budiyanto, Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahjono M.M., selaku Ketua Senat UMY memberikan harapan melalui sambutannya “Harapan periode kedua ini, semoga semakin meningkat kinerja, lebih bahagia, tetap integritas sampai khusnul khatimah,” ujar Heru pada sambutannya.

Prosesi pelantikan berjalan sangat khidmat dilanjut dengan pembacaan surat keputusan pemberhentian Rektor 2016-2020 dan pengangkatan Rektor 2020-2024. Dilanjut dengan pembacaan sumpah rektor dipimpin oleh Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yogyakarta, Prof Lincolin Arsyad. Setelah itu, penandatanganan berita acara dan kontrak rektor sekaligus foto bersama.

Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., memaparkan bahwa UMY amal pendidikan milik Persyarikatan Muhammadiyah yang berdiri 1 Maret 1981, dalam usia ke 39 tahun ini, UMY telah mencanangkan rencana jangka panjang 25 tahun ke depan. Mulai tahun 2020 pencapaiannya meliputi pencapaian International University dan pada tahun 2025 pencapaian meliputi Research Excellent University. Gunawan, selaku rektor yang diamanahi mengemban dua periode ini optimis pada tahun 2040 UMY mampu mencapai Top 300 World Class University. Untuk mencapai itu semua, ia tengah mewacanakan beberapa kebijakan program unggulan.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si., turut memberi sedikit amanah, “Atas nama PP Muhammadiyah mengucapkan terima kasih kepada Pak Gunawan yang telah memberi banyak prestasi yang membanggakan persyarikatan.” Prof. Haedar juga menambahkan bahwa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang sudah bisa mencapai predikat reputasi internasional untuk tidak melupakan Muhammadiyah sebagai rumah utamanya.

“Nama Muhammadiyah sudah menjadi kekuatan, bukan hanya diakui di tingkat nasional bahkan sudah diakui secara internasional. Karena itu bagi PTM yang bergerak di ranah internasional atau global harus tetap menjadikan perguruan tingginya menyatu dengan sistem Muhammadiyah,” tegas Prof. Haedar lagi.


Reporter : Rizky Feby Wulandari

Editor : Naila Salma

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar