Olah Raga Bersama UMY Jadi Wadah Interaksi, Diskusi, dan Aspirasi

Jalan santai keliling kampus bersama Rektor. (Dokumen Pribadi)

Nuansa Online- Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) adakan kegiatan Olahraga Bersama perdana di area lapangan basket UMY pada Jumat (5/3). Kegiatan Olahraga Bersama turut dihadiri oleh Rektor UMY, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan perwakilan lembaga organisasi mahasiwa UMY sebagai forum interaksi, diskusi, maupun aspirasi.

Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM., selaku Rektor UMY, mengatakan bahwa di tengah pandemi COVID-19 bukan menjadi hambatan bagi pasifnya kegiatan kemahasiswaan di UMY. Hal ini justru menjadi tantangan bagi seluruh pihak, baik dosen maupun mahasiswa. Pasalnya, capaian prestasi sebuah universitas di kancah nasional maupun internasional tidak lagi didasarkan oleh prestasi dosen dan infrastruktur yang memadai. Namun, kegiatan-kegiatan yang mengarah pada mahasiswa menjadi indikator penting. Khususnya dalam mempertahankan prestasi yang telah diraih UMY.

“Berat menduduki posisi Top 4 dan Top 2 Perguruan Tinggi Islam dunia dan Indonesia. karena kita harus menjaga posisi tersebut. Indikator yang dinilai adalah dari kegiatan-kegiatan kemahasiswaannya yang turut memberi nilai plus pada kampus,” papar Gunawan dalam sambutannya.

Sementara untuk menyukseskan kegiatan kemahasiswaan, UMY berupaya menunjang sarana maupun prasarana. Seperti perbaikan lapangan basket yang turut diresmikan bersamaan dalam rangkaian kegiatan Olahraga Bersama. Hal tersebut, menurut Prof. Hilman Latief, Ph.D., Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, menjadi salah satu upaya yang dilakukan pihak kemahasiswaan UMY untuk menunjang kegiatan para mahasiswa. Tanpa terkecuali mahasiswa juga merasa nyaman berkegiatan  di kampus.

“Saya ingin mendorong adanya sebuah ekosistem atau environment yang membuat mahasiswa betah tinggal di kampus, bukan hanya nyaman sebagai tempat untuk belajar saja tetapi juga nyaman dalam melakukan kegiatan kemahasiswaan lainnya, tutur Hilman Latief.

Peresmian pembangunan lapangan basket secara simbolis oleh Rektor UMY. 

Usai peresmian pembangunan lapangan basket, dilanjutkan dengan jalan santai mengelilingi kampus UMY dan senam. Hal ini dilakukan sebagai upaya pihak kemahasiswaan dalam memberikan ruang interaksi antara mahasiswa dengan Rektor, Wakil Rektor, maupun jajaran bidang kemahasiswaan terkait progres dan kendala kegiatan-kegiatan UKM ataupun lembaga organisasi mahasiswa

Terlebih, kegiatan Olahraga Bersama menjadi langkah awal UMY agar mahasiswa produktif kembali di lingkungan kampus. Hilman Latief juga menegaskan bahwa kegiatan Olahraga Bersama akan menjadi kegiatan rutin.

Kegiatan ini tentu menjadi awal dari langkah UMY yang menandakan bahwa UMY saat ini sudah siap kembali memulai kehidupan kampus yang aktif walaupun tetap dengan penjagaan protokol kesehatan yang ketat. Dan inshaAllah menjadi agenda rutin kita,” ungkap Hilman

Reporter : Yustika Anggraini

Editor : Naila Salma

 

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar