Membentuk Jurnalis Muda Melalui Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar




Nuansa Online - Sabtu, 26 Desember 2020 lalu, LPPM Nuansa mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar. Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) ini merupakan bagian dari program kerja Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia. Kegiatan ini sebagai bentuk dari pelatihan calon anggota nuansa baru mengenai kemampuan jurnalistik dan kenuansaan. Disamping itu juga untuk melatih potensi mahasiswa dalam bidang jurnalistik dengan target utamanya adalah dari calon anggota baru Lembaga Penerbitan dan Pers Mahasiswa (LPPM) “Nuansa”. Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan calon anggota untuk mengetahui bagaimana cara mengolah berita, mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berpikir kritis guna menyuarakan gagasan yang dimilikinya, serta mendorong mahasiswa untuk turut aktif berkontribusi di LPPM Nuansa melalui tulisan-tulisannya.

Bentuk kegiatan Pendidikan Jurnalistik Tingkat Dasar ini nantinya akan dilakukan secara online melalui platform online layaknya acara webinar dengan durasi waktu kurang lebih 90 menit yang terdiri dari tiga sesi, yaitu pembukaan, penyampaian materi, dan sesi tanya jawab. Tema kegiatan ini adalah Membentuk Jurnalis Muda yang Responsif, Adaptif, dan Kreatif Kala Pandemi. Pengambilan tema ini berdasarkan tujuan dari acara ini untuk meningkatkan kemampuan calon anggota untuk mengetahui bagaimana cara mengolah berita, mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berpikir kritis guna menyuarakan gagasan yang dimilikinya, serta mendorong mahasiswa untuk turut aktif berkontribusi dalam nuansa melaui tulisan-tulisannya dalam berbagai macam situasi, termasuk di kala pandemi. Peserta Webinar Pendidikan Dasar Jurnalistik  ini ditujukan untuk seluruh calon anggota dari Lembaga Penerbitan dan Pers Mahasiswa Nuansa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

 

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar