Meningkatkan Pemahaman Jurnalistik Melalui Kegiatan Magang Anggota Baru







Nuansa Online- Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Lembaga Penerbitan dan Pers Mahasiswa (LPPM) Nuansa UMY mengadakan magang untuk anggota baru yang diselenggarakan pada 1 Februari 2021 -  25 April 2021. Di dalam kegiatan ini, anggota baru di-rolling setiap minggunya untuk mengikuti kegiatan divisi yang ada di Nuansa, selain itu anggota baru juga mendapatkan dua kali pelatihan. Pelatihan Nuansa Magang merupakan kegiatan pembekalan materi jurnalistik dan diskusi interaktif yang ditujukan kepada anggota baru LPPM Nuansa UMY dengan menghadirkan pembicara yang berpengalaman dibidangnya. Pada pelatihan pertama, bertema “Menilik Eksistensi Jurnalisme Televisi ditengah Masifnya Digitalisasi”. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman anggota baru tentang jurnalisme televisi beserta dinamikanya agar dapat menjadi bekal dalam menjalankan tugas sebagai seorang jurnalis pers mahasiswa. 

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anggota tentang dunia jurnalistik utamanya jurnalisme televisi agar dapat dijadikan bekal dalam menjalankan tugas sebagai seorang jurnalis pers mahasiswa serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis melalui diskusi interaktif berkaitan dengan tema kegiatan. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 2021 pukul 19.30 – 20.50 WIB via zoom meeting dengan pemateri Lalita Gandaputri (Senior Producer Metro TV).

Pelatihan kedua dilaksanakan pada hari Minggu, 28 Maret 2021 pukul Pukul 09.00 s.d. 12.15 WIB via zoom meeting. Tema pelatihan kedua ini adalah “Editing Skill, Journalist Must Have”. Harapannya, agenda ini mampu membentuk bibit-bibit unggul seorang jurnalis Nuansa yang tidak hanya mahir dalam menulis tetapi juga memiliki keterampilan lain, yakni keterampilan mengedit. Kegiatan ini juga diharap mampu menjadi bekal untuk masing-masing anggota Nuansa Muda dalam menapaki kehidupan jurnalistik nantinya dan menjadi anggota yang akan berperan aktif dalam LPPM Nuansa UMY kedepannya.  Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas anggota baru LPPM Nuansa UMY serta membekali anggota baru LPPM Nuansa UMY dengan keterampilan lain yakni Editing Skill supaya dapat menunjang aktivitas kejurnalistikan Nuansa dengan lebih optimal. Pemateri pada kegiatan Pelatihan Nuansa Magang #2 : Editing Skill 2020/2021 ini adalah M. Hanif selaku Demisioner KEMENTIK BEM KM UMY 19/20 serta Nuna Darun N. selaku Conten Creator dan Videographer.

 

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar