Virtual Communication Fair 2021: Ajang Puncak Apresiasi Karya dan Kreativitas Mahasiswa

 

Sumber: KOMAKOM UMY

Nuansa Online – Virtual Communication Fair (Vi-Com Fair) 2021 yang menjadi acara tahunan sebagai ajang apreasiasi terhadap karya-karya mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah sukses digelar. Rangkaian acara Vi-Com Fair 2021 yang bertemakan “Karya Abiwara” dengan makna karya yang ditampilkan selama perkuliahan serta tagline “Ngudi Satya Adi” yang berarti sebuah karya yang diapresiasi, berlangsung selama 3 hari mulai dari Selasa (13/07) hingga Kamis (15/07). Acara ini dapat disaksikan atau diikuti melalui beberapa platform seperti kanal Youtube KOMAKOM UMY, Zoom, dan Artstep.

Rangkaian agenda Vi-Com Fair 2021 dimulai dengan acara “Opening Exhibition”. Pada pukul 09.15 WIB tepatnya Selasa (13/07) melalui Zoom Meeting dan kanal Youtube Komakom UMY. Penggunaan platform virtual dalam acara ini dikarenakan naiknya tren pandemi Covid-19 serta adanya kebijakan PPKM yang tengah berlangsung. Pembawa acara menjelaskan secara lebih rinci terkait Vi-Com Fair yang menjadi ajang apresiasi dengan menampilkan 39 karya-karya atau tugas para mahasiswa dan mahasiswi dari prodi Ilmu Komunikasi UMY.

Agenda kedua berupa acara “Online Exhibition” yang berlangsung dari Selasa (13/07) hingga Kamis (15/07). Karya-karya atau tugas para mahasiswa dan mahasiswi dari prodi Ilmu Komunikasi UMY tersebut dapat dinikmati melalui platform digital artsteps yang dapat diakses melalui website www.artsteps.com atau via aplikasi yang dapat diunduh melalui Play Store dan App Store. Terdapat beberapa kategori karya antara lain cover film, iklan, strategi public relation (PR) dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, agenda ketiga berupa “Screening Ciko” juga sukses digelar melalui platform Zoom Meeting pada Selasa (13/07) pukul 14.00 – 16.30 WIB. Disini, pengunjung atau audience dapat menyaksikan film-film terbaik hasil karya mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Komunikasi UMY. Film-film tersebut antara lain “Rumat”, “Kunang-Kunang di Ujung Petang”, serta “Ayo Dolan” yang telah mendapatkan penghargaan dari berbagai ajang kompetisi. Selain itu, acara ini menghadirkan pula sutradara di balik pembuatan film-film tersebut untuk saling sharing.

“Awarding Day” menjadi puncak dari serangkaian agenda Vi-Com Fair 2021 ini. Acara ini digelar melalui Zoom Meeting dan streaming di kanal Youtube KOMAKOM UMY pada Rabu (15/07) pukul 13.00 – 16.30 WIB. Dimulai dengan pembacaan ayat Al-Qur’an serta sambutan-sambutan dari ketua panitia Vi-Com Fair 2021, ketua Korps Mahasiswa Ilmu Komunimasi (KOMAKOM) UMY, dan kaprodi Ilmu Komunikasi UMY. Dilanjutkan dengan berbagai penampilan dari KOMAKOM serta Badan Seni Otonom (BSO) serta pembacaan pemenang nominasi karya Vi-Com Fair 2021.

Adapun para pemenang kategori:

-          Kajian Kritisi Iklan 2018: Fafilia Team – "Representasi Stereotip Etnis Tionghoa dalam Iklan Bukalapak Edisi Imlek”

-          Manajemen Isu dan Krisis 2019:  Represent.co – “Crisis Management Strategy of PT Mayora Indah Tbk on Le Minerale Products in 2020-2021

-          Manajemen Public Relations 2019: Represent.co – “Strategi Manajemen Public Relations dalam Program Vaksinasi Covid-19 Daerah Istimewa Yogyakarta”

-          Sinematografi Remake 2019: Ekhlas Production – “Wedok”

-          Dokumenter 2017: Ridho Muwahid Billah – “Cabin Faver

-          Video Klip 2017: Q Project – “Wanita Kuat”

-          Strategi dan Taktik Public Relations 2018: BLP Team – “Launching Make Up Travel Series”

-          Animasi Iklan 2018: Muhammad Biondy – “Acraganto”

-          Desain Foto Iklan 2018: Putri Balqis – “Chicken Wings”

-          Prduksi Program TV 2018: Manyala Production

-          Kajian Kritis Iklan 2017: “KR!K”

-          Corporate Social Responsibility 2018: Socialized – “Desa Daring Pemberdayaan UMKM (PT Telkom Indonesia)”

-          Sinematografi Dokumenter 2019: Rajih Imanda – “7 Years


Reporter: Annisa Zachra & Sa’idatuz Zakiyah

Editor: Sa’idatuz Zakiyah

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar